Minggu, 07 Agustus 2022 16:46

Kecamatan Rumbia Penyangga Sektor Pertanian dan Pengembang Destinasi Wisata di Jeneponto

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kecamatan Rumbia Penyangga Sektor Pertanian dan Pengembang Destinasi Wisata di Jeneponto

Kecamatan Rumbia dikenal dengan hasil pertanian yang melimpah.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Daerah ini memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat potensial di sektor pertanian dan hortikultura. Di 11 Kecamatan yakni Kecamatan Rumbia dikenal dengan hasil pertanian yang melimpah.

Tak hanya itu, Kecamatan yang berjarak kurang lebih 20 kilo meter dari Kota Bontosunggu itu kaya dengan destinasi objek wisata. Dan harus didukung dengan Infrastruktur untuk lebih memudahkan akses kelokasi yang akan dikunjungi.

Kepada Rakyatku.com, Pelaksana tugas Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq mengatakan, kekayaan alam yang di miliki Jeneponto sangat potensial dari sektor tanaman pangan dan hortikultura.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Serahkan Ranperda APBD-P 2022

Kata dia, jika dikembangkan bisa menarik investor luar mau pun manca negara salah satunya destinasi objek wisatanya.

Disebutkan, bahwa di daerah yang berjuluk Butta Turatea, juga memiliki perkebunan Kopi, tepatnya di desa Jenetallasa dan Ujungbulu.

Selain itu, Jeneponto memiliki komoditi unggulan terkemuka disektor pertanian, tanaman jagung yang dapat menghasilkan produktifitas perhektarnya, baik itu tanaman padi.

Baca Juga : Kenang Masa Kecil, Bupati Jeneponto Bantu Rp250 Juta Masjid Raya Tolo

Sehingga tidak berlebihan, jika dikatakan Kecamatan Rumbia adalah salah satu pengembang pariwisata yakni air terjun Bossolo, Lembah Impian dan Permandian Lembah Hijau Rumbia (LHR), Bontolojong Ujungbulu dan Lembah Biru Kassi dan lainnya.

Sponsored by MGID

"Jadi tidak hanya di sektor pertanian saja, tapi destinasi objek wisata di Kecamatan Rumbia, jika di kembangkan dan dikemas dengan baik tentu dapat menambah Penghasilan Aset Daerah (PAD), dan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujarnya Minggu (7/8/2022)

Salah seorang warga setempat Rahman mengatakan, di Kecamatan Rumbia ini selain dengan hasil pertanian yang melimpah juga banyak destinasi objek wisata yang sangat perlu di lestarikan.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Buka Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022

Kecamatan Rumbia sangat potensi baik dari sektor pertanian maupun dari hasil perkebunan, makan hasil bumi petani seperti Sayur Mayur banyak permintan dari luar provinsi seperti Kalimantan dan Makassar.

"Rumbia sendiri sangat potensi mulai dari destinasi wisatanya yang di kembangkan, belum lagi hasil pertaniannya seperti sayur sayuran, Kol, wortel, Bawang, cabai dan Kopi dan masih banyak lagi hasi bumi lainnya," terangnya

Dari informasi yang diperoleh, di Kecamatan Rumbia terdapat pula hutan pinus yang tumbuh subur, menambah panorama alam di wilayah yang berbatasan Kabupaten Bantaeng dan Gowa bagian utara.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto