Sabtu, 06 Agustus 2022 21:38

Semarak HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Wajo, Siang dan Malam Meriah dengan Berbagai Kegiatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran, pada momentum hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) 2021 lalu.
Bupati Wajo, Amran Mahmud, dan Wakil Bupati Wajo, Amran, pada momentum hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) 2021 lalu.

Ada lomba tradisional, seperti memasukkan paku dalam botol dan lari estafet kelereng, khusus untuk selain kepala atau pimpinan instansi. Lalu, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau atau Perum Bulog akan menggelar pasar murah.

RAKYATKU.COM, WAJO - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Wajo bakal berlangsung meriah. Berbeda dengan dua tahun terakhir yang dikemas sederhana karena pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo telah menyiapkan rangkaian kegiatan sepanjang bulan kemerdekaan ini, bahkan ada yang sementara berlangsung.

Ini merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Salah satu poinnya adalah menyelenggarakan program dan kegiatan, baik secara daring maupun luring, untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Sekreratis Daerah (Sekda) Wajo, Armayani, menyampaikan untuk menyemarakkan HUT kemerdekaan, Pemkab Wajo melalui panitia pelaksana (panpel) akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan dan lomba.

Baca Juga : Aspirasi AIA, Bupati Wajo Letakkan Batu Pertama Program Kotaku di Dua Kelurahan

"Pada tanggal 11 Agustus 2022 nanti Kantor Kementerian Agama akan melaksanakan Gerak Jalan Sehat Merdeka Toleransi dan Lihat Sampah Ambil (LISA) di Lapangan Merdeka Sengkang," ucap Armayani yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Daerah Wajo terpilih ini saat dikonfirmasi, Sabtu (6/8/2022).

Ia melanjutkan, setelah gerak jalan sehat, pada hari yang sama juga akan dilaksanakan lomba masak nasi goreng antar kepala organisasi perangkat dinas (OPD) lingkup Pemkab Wajo, pimpinan instansi vertikal dan perbankan. Khusus yang perempuan diwakili suami atau laki-laki dari instansi masing-masing.

Ada juga lomba tradisional, seperti memasukkan paku dalam botol dan lari estafet kelereng, khusus untuk selain kepala atau pimpinan instansi. Lalu, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau atau Perum Bulog akan menggelar pasar murah.

Baca Juga : Andi Iwan Aras Tinjau Proyek Pembangunan Tanggul Sungai Walennae-Cenranae Wajo

Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wajo, sudah menggelar berbagai macam lomba, baik tingkat TK/PAUD, SD, dan SMP/MTs. Selain itu, berkolaborasi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Soppeng untuk tingkat SMA/SMK/MA. Ada juga lomba karaoke untuk pegawai di bawah naungan Disdikbud.

Sponsored by MGID

"Mereka sudah menyelenggarakan beberapa lomba sejak tanggal 2 Agustus yang lalu di halaman kantor Disdikbud Wajo. Tanggal 13, 14, dan 15 berturut-turut akan digelar gerak jalan santai tingkat SD/MI, kemudian tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA, dan karnaval tingkat TK/PAUD," jelas mantan Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPD) Wajo ini.

Armayani menuturkan untuk 16 Agustus, rangkaian kegiatan akan menjadi cukup padat, di antaranya pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2022 pada pagi harinya. Kemudian, malam hari akan dilaksanakan taptu (pawai obor) antar OPD, lembaga, instansi, perusahaan, organisasi, pelajar, dan lainnya di Lapangan Merdeka, Sengkang. Kemudian tengah malam, dilanjutkan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Empagae.

Baca Juga : Lima Poin Kesepatakan Pembebasan Lahan Bendungan Paselloreng Wajo

"Untuk puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI akan digelar dengan semarak di Lapangan Merdeka Sengkang, kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Empagae, Taman Makam Lamaddukelleng, upacara pemberian remisi di rumah tahanan dan ditutup dengan upacara penurunan bendera," bebernya.

Armayani berharap agar semua rangkaian acara ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. "Saya harapkan kerja sama dan kekompakan para panitia serta dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan ini," harapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Bupati Wajo, Amran Mahmud, juga sudah menyerukan dan mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dan umbul-umbul serta dekorasi lainnya sepanjang bulan kemerdekaan.

#pemkab wajo #HUT Ke-77 Kemerdekaan RI