Jumat, 05 Agustus 2022 17:52

Komitmen Terapkan Operasi Rendah Karbon, PT Vale Luncurkan Truk Listrik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran berlangsung di area pabrik PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/8/2022).
Peluncuran berlangsung di area pabrik PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/8/2022).

Untuk tahap awal, PT Vale akan terlebih dahulu melakukan uji coba truk listrik selama satu tahun. Truk listrik yang digunakan adalah CXMG tipe XDR-80-TE buatan Cina dengan kapasitas angkut 70 ton.

RAKYATKU.COM, LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia Tbk. meluncurkan truk listrik pertama yang akan mendukung operasi pertambangan di Blok Sorowako. Peluncuran berlangsung di area pabrik PT Vale di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/8/2022).

Seremoni peluncuran dilakukan CEO PT Vale, Febriany Eddy, Wakil Presiden Direktur, Adriansyah Chaniago, dan Deputy COO, Abu Ashar, dengan menekan tombol virtual di layar LED. Truk listrik pun datang ke area samping panggung dengan dikemudikan salah satu operatur truk perempuan PT Vale, Yulianti Marcellina.

Peluncuran truk listrik bertepatan dengan acara yang bertajuk Menuju Pertambangan Rendah Karbon. Selain peluncuran truk listrik, acara dirangkaikan diskusi antara direksi dan karyawan serta tanya jawab dengan rombongan jurnalis yang mengikuti program media visit.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

CEO PT Vale, Febriany Eddy, mengatakan penggunaan truk listrik sebagai wujud komitmen perseroan dalam mencapai target untuk menurunkan karbon.

"Penggunaan truk listrik untuk mewujudkan komitmen kita menerapkan operasi rendah karbon di area operasional sekaligus sebagai upaya cepat untuk melakukan efisiensi. Selama ini biaya terbesar operasional perusahaan adalah untuk konsumsi energi. Cost terbesar ada di energi. Langkah ini selain untuk efisiensi karbon juga biaya," kata Febriany.

Febriany mengatakan, untuk tahap awal, perusahaan akan terlebih dahulu melakukan uji coba truk listrik selama satu tahun. Truk listrik yang digunakan adalah CXMG tipe XDR-80-TE buatan Cina dengan kapasitas angkut 70 ton. Truk ini memiliki auto charging di jalan menurun. Sebelumnya perseroan telah melakukan uji coba mobil listrik pada Januari 2022.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

"Saat ini baru satu unit dulu dilakukan uji coba penggunaannya, nanti kami akan evaluasi, tentu juga diiringi dengan infrastruktur pendukung seperti charging station," tuturnya.

Operator Perempuan Truk Listrik Pertama

Selama satu tahun, PT Vale akan melakukan uji coba terhadap truk listrik besutan XCMG dengan tipe XDR-80-TE, dengan kapasitas angkut 70 ton. PT Vale memercayakan truk listrik pertama ini untuk dikemudikan Yulianti Marcelinna, operator yang sejak 2011 bergabung di PT Vale.

Baca Juga : PT Vale Dukung Program Amaliah Ramadan, Bagikan Bingkisan untuk Anak Yatim-Panti Asuhan

“Kami mendorong kesetaraan terhadap kesempatan. Tidak hanya untuk operator truk, PT Vale memberi kesempatan untuk peranan lain di perusahaan, bahkan untuk welder dan petugas kedaruratan atau Fire Emergency Services juga ada yang perempuan,” jelas Febriany.

Yulianti, ibu dari putra dan putri berusia masing-masing 5 dan 6 tahun ini, mengaku bersyukur terhadap kesempatan untuk mengemudikan truk listrik. “Saya bangga bisa menjadi bagian dalam program PT Vale untuk menurunkan emisi karbon,” ucappnya.

Perempuan kelahiran Wasuponda, Luwu Timur, ini berharap mampu menjalankan kepercayaan yang telah diberikan perusahaan dengan sebaik-baiknya.

#PT Vale Indonesia