Kamis, 04 Agustus 2022 17:17

Puskesmas Enrekang Gelar Deteksi Dini Kesehatan Siswa SD Tindak Lanjut

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Puskesmas Enrekang Gelar Deteksi Dini Kesehatan Siswa SD Tindak Lanjut

Penjaringan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk dari pelayanan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

RAKYATKU.COM, ENREKANG -- Tim Puskesmas Kota Enrekang melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah khususnya kelas 1 SD.

Penjaringan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Penjaringan kesehatan meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (mulut,telinga dan kuku), Kamis (04/08/2022)

Baca Juga : Bupati Enrekang Pimpin Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di Alun-Alun Batili

Menurut Nurlina selaku Tim Puskesmas Kota Enrekang yang melakukan penjaringan kesehatan siswa kelas satu tersebut mengatakan bahwa penjaringan kesehatan ini ialah merupakan salah satu bentuk kegiatan pemeriksaan kesehatan siswa, sasarannya adalah siswa kelas 1, penjaringan yang dilakukan atau diberikan berupa pemeriksaan kesehatan Gigi, telinga, kuku, tinggi berat badan.

"Adapun manfaat penjaringan kesehatan ini dilakukan ialah untuk megetahui kesehatan siswa serta gangguan, kekurangan atau penyakit yang dialami siswa," ungkap Nurlina dalam paparannya.

Pada tahap ini penjaringan yang dilakukan pada siswa kelas 1 sebanyak 61 siswa, namun yang hadir sebanyak 58 siswa.

Baca Juga : Sertifikat Varietas Cabe Rawit Jadi Kado Terbaik di HUT RI ke-77 Bagi Petani Enrekang

Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar serta hasil pemeriksaan yang dilakukan alhamdulillah siswa UPT SDN 1 Enrekang tidak ditemukan penyakit yang serius.

Sponsored by MGID

Sementara itu Bidan Lina mengungkapkan temuan-temuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan pagi itu pada dasarnya sebagian besar keadaan gigi dan telinga siswa kelas 1 dalam keadaan baik.

"Hal-hal yang ditemukan pada sebagian siswa adalah telinga kotor, gigi berlubang dan bolong,” ungkapnya.

Baca Juga : Wabup Enrekang dan Baznas Letakkan Batu Pertama Rumah Tahfiz Sabilul Haq

“Kami merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada siswa yang memiliki masalah kesehatan pada organ tersebut,” tambahnya.

Pelaksanaan penjaringan ini dilakukan oleh 3 orang tenaga Kesehatan dari Puskesmas Kota Kab Enrekang yaitu tiga staf puskesmas Nurlina, Susisusanti dan Asmita.

Nadir G selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini yang mana kegiatan penjaringan ini merupakan bentuk pelaksanaan dari komitmen pemerintah untuk menanggulangi penyakit/ kesehatan pada anak usia sekolah dasar.

Baca Juga : 4000 Peserta Meriahkan Peringatan HUT ke-77 RI Tingkat Kecamatan Maiwa

"Harapan kami selaku pihak sekolah semoga dengan adanya penjaringan ini kesehatan tubuh anak-anak khususnya peserta didik UPT SDN 1 Enrekang kelas 1 jelas tentang kesehatanya, Terima kasih kepada pihak Puskesmas yang telah melakukan program penjaringan ini ke sekolah kami," tegas Nadir.

Penulis : Hasrul Nawir
#puskesmas #pemkab enrekang #Pemeriksaan kesehatan