Selasa, 02 Agustus 2022 23:05

KPU Makassar Lakukan Koordinasi dan Sosialisasi PKPU ke Pengurus Partai

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KPU Makassar Lakukan Koordinasi dan Sosialisasi PKPU ke Pengurus Partai

Ini merupakan upaya KPU Makassar untuk mengenalkan aturan dan tata cara verififikasi parpol kepada pengurus partai di tingkat kota Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KPU Makassar menggelar Koordinasi dan sosialisasi PKPU no 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik. Ini merupakan upaya KPU Makassar untuk mengenalkan aturan dan tata cara verififikasi parpol kepada pengurus partai di tingkat kota Makassar.

Gunawan Mashar, Anggota KPU Makassar Divisi Teknis Penyelenggaran mengatakan sosialisasi ini juga bertujuan memberi pemahaman kepada partai mengenai alur verifikasi parpol.

"Mulai dari pendaftaran, verifikasi admimistrasi (Vermin), Verifikasi administrasi perbaikan, verifikasi faktual, verifikasi faktual perbaikan, hingga penetapan, dan pengundian nomer urut parpol," katanya.

Baca Juga : Target Pemilih Pemula, KPU Jeneponto Gencar Gelar Sosialisasi

Selain itu, Gunawan juga menyebutkan bahwa dari alur itu, hanya beberapa potensi verifikasi administrasi, dan verifikasi faktual yang menjadi wewenang kerja KPU kabupaten kota. Selebihnya menjadi wewenang KPU RI.

"Pendaftaran dan vermin wewenang KPU RI. Hanya saja, jika ada case mengenai kegandaan keanggotaan dan potensi tidak memenuhi syarat, barulah kabupaten kota ikut mekakukan pengecekan di Sipol. Khusus untuk verifikasi faktual, menjadi wewenang KPU provinsi dan kabupaten kota," terangnya.

Saat melakukan verifikasi faktual, KPU kota Makassar melakukan pengecekan terhadap tiga hal. Mulai dari kepengurusan parpol, kantor partai, dan juga keanggotaan. Untuk di Makassar, partai politik sekurang-kurangnya memasukkan data keanggotaan sekurang-kurangnya 1000 orang.

Baca Juga : Warga Desa Ajakkang Ikuti Sosialisasi Pencegahan Penyakit Rabies

Dalam acara ini, hadir sejumlah perwakilan Forkopimda, dan juga utusan calon partai politik di tingkat kota Makassar.

#KPU Kota Makassar #Sosialisasi #Partai Politik #Pemilu