Sabtu, 30 Juli 2022 13:28

Tahun Baru Hijriah, Bupati Barru: Momentum Muhasabah Jadi Manusia Halal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barru, Hasnah Syam.
Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barru, Hasnah Syam.

Semoga tahun depan kita semua menjadi manusia yang halal, dirindukan, karena selalu memberi manfaat," kata Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru kolaborasi organisasi pemuda Mallusetasi dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menggelar zikir bersama dan tablig akbar menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 hijriah di Lapangan Palanro, Mallusetasi, Jumat malam (29/7/2022).

Bupati Barru, Suardi Saleh, yang hadir bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Barru, Hasnah Syam, menyebut semarak menyambut tahun baru Islam sebagai sukses kolaborasi organisasi pemuda, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barru, dengan pemerintah daerah.

"Alhamdulillah luar biasa kegiatan zikir dan tablig akbar malam ini. Panitia kami apresiasi karena bisa memutihkan Lapangan Palanro dalam rangka acara menyambut tahun baru Islam 1444 hijriah. Terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kesuksesan acara ini berkat kolaborasi semuanya. Tanpa kerja sama yang baik acara sebesar ini tak bisa terselenggara," sebutnya.

Baca Juga : Bupati Barru Safari Jumat di Desa Galung sekaligus Pantau Kondisi Jalan Penghubung

Dirinya berharap agar doa yang dipanjatkan juga menjadi bagian dalam memutus penyebaran Covid-19 di Bumi Hibridah.

Kegiatan yang hadirkan dai Bugis kondang, Gurutta Ustaz Muhammad Yusuf, sebagai pemberi siraman rohani jelang peralihan tahun juga sebagai momentum bermuhasabah.

"Momentum tahun baru adalah bermuhasabah dan introspeksi diri, seumpama kita pernah menjanjikan sesuatu kepada seseorang itu mesti diingat dan kemudian mesti ditunaikan janji itu. Apa sudah melaksanakan dan memberi manfaat kepada masyarakat," tutur Suardi.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Bupati Barru dua periode ini menjelaskan tiga kategori manusia dalam perspektif hubungan sosial khususnya di era komunikasi yang terbuka.

"Ada manusia halal, yang hadirnya dinantikan membawa kesejukan, menyelesaikan persoalan. Kemudian ada juga yang manusia sunah, yaitu biasa-biasa, ketika ada atau tidak ada, dianggap tidak ada masalah. Nah, kategori terakhir adalah manusia haram, kategori manusia yang jadi biang masalah. Semoga tahun depan kita semua menjadi manusia yang halal, dirindukan, karena selalu memberi manfaat," bebernya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Barru, Jamaruddin, turut mengapresiasi acara ini. Mantan Kepala Kemenag Pangkep menyampaikan ke publik akan prestasi santri Barru yang mengikuti Liga Santri serta prestasi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Barru di Bone. Dirinya berkomitmen untuk tetap berupaya meningkatkan kualitas keagamaan dan kafilah Barru agar tetap berprestasi di event bernapaskan keagamaan mana pun berikutnya.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Ketua panitia pelaksana, Jamal, mengucapkan terima kasih kehadiran Bupati dan Ibu serta seluruh pejabat Barru, pemerintah, dan Kantor Urusan Agama (KUA) Mallusetasi yang mendukung acara ini.

"Terima kasih. Alhamdulillah kita dapat semarakkan menyambut tahun baru Islam, tentu banyak kekurangan dalam pelaksanaan ini, tetapi kami akan terus berkembang untuk menjadi yang lebih baik dimasa yang akan datang," sebut Jamal.

Acara turut dibersamai oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah (Sekda) Barru, Kepala Kantor Kemenag Barru, para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Camat Mallusetasi, lurah dan desa se-Kecamatan Mallusetasi, para pengurus TP PKK Barru, serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Mallusetasi.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #Tahun Baru Islam