Kamis, 28 Juli 2022 21:23

Narasumber di Young Leaders Forum LAN RI, Adnan Paparkan Program Strategis Pemkab Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Program pendidikan menjadi prioritas utama Pemkab Gowa.

GOWA -- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, salah satu kepala daerah yang menjadi narasumber pada Young Leaders Forum yang diselenggarakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar secara virtual, Kamis (28/7).

Adnan dalam materinya memaparkan sejumlah program strategis Pemerintah Kabupaten Gowa yang merupakan penjabaran dari visi misi Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan Pemkab Gowa memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat yang unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik.

“Masyarakat yang unggul dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat dengan kualitas hidup yang lebih baik, yaitu lebih cerdas, sehat dan produktif, religius berkarakter, gotong royong, inklusif, dan partisipatif,” ujarnya.

Baca Juga : ASN dan Masyarakat Gowa Doakan Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

Sementara untuk masyarakat yang tangguh yaitu dengan kondisi daerah dan masyarakat dengan basis ekonomi yang lebih kuat, mandiri, berdaya saing, merata, tahan terhadap krisis melalui pengembangan sektor unggulan daerah. Hal ini diperkuat dengan infrastruktur yang terintegrasi serta lingkungan hidup yang berkualitas.

Sedangkan, untuk tata kelola pemerintahan terbaik dimaksudkan sebagai kondisi pemerintahan yang bersih dan akuntabel, berkinerja sangat tinggi dengan pelayanan publik yang berkualitas.

 

Olehnya itu, orang nomor satu di Gowa ini mengungkapkan ada beberapa program strategis Pemkab Gowa dalam mewujudkan visi tersebut, seperti di bidang pendidikan. Adnan mengungkapkan beberapa program dijalankan, seperti Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Investasi SDM Seperempat Abad, PAUD SPAS dan Perpustakaan Desa serta Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana.

Baca Juga : Bupati Gowa Lantik 118 Pejabat Baru

“Kita menjadikan program pendidikan ini menjadi prioritas utama, karena kita yakin dan percaya bahwa kekuatan suatu daerah atau suatu bangsa bukan karena Sumber Daya Alam (SDA) nya, tetapi kekuatan suatu bangsa dan daerah ditentukan dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya,” ungkap Adnan.

Sponsored by MGID

Selain pada sektor pendidikan, untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan tangguh Pemkab Gowa juga memiliki program strategis di bidang kesehatan dan bidang leagamaan. Bidang kesehatan Pemkab Gowa yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan pembangunan dan peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit dan Puskesmas.

Begitupun di bidang keagamaan, ada beberapa program yang dicanangkan Pemkab Gowa, seperti Pencerahan Qalbu Jum'at Ibadah, Pembangunan Rumah Tahfidz, Satu Desa/Kelurahan Satu Hafidz dan Peningkatan Kualitas Imam dan Guru Agama.

Baca Juga : Hasil Penilaian KPK dan Tim Penilai Desa Antikorupsi: Pakatto Raih Predikat Istimewa

“Kita fokus pada bidang keagamaan, selain kita ingin membabgun Sumber Daya Manusia yang baik dan unggul juga diharapkan SDM yang unggul ini berlandaskan iman dan taqwa,” ungkapnya.

Selain itu, Adnan juga menyebutkan program strategis Pemkab Gowa lainnya, yaitu infrastruktur meliputi pedestrian perkotaan, Ruang Terbuka Hijau Syekh Yusuf, Mall Pelayanan Publik dan Pos Pelayanan Publik, dan Pembangunan Bumi Cadika Perkemahan Cadika Limbung dan Stadion Kalegowa.

Kemudian program strategis Pemkab Gowa yaitu di bidang pertanian dan UMKM, yaitu pengembangan sapi perah, pembangunan industri susu dan pariwisata Chimory, penangkaran bibit kentang, rumah produktif dan klinik UMKM.

Baca Juga : Adnan Purichta: Pemerintah Harus Siap Memasuki Era Digitalisasi

“Capaian pembanguann Kabupaten Gowa terus merangkak naik dari data BPS, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa berada di posisi kedua tertinggi di Sulawesi Selatan yaitu 7,26 persen. Kekuatan pertanian yang menjaga perekonomian kita bisa tumbuh positif,” tambahnya.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan