Senin, 25 Juli 2022 15:02

Menteri PPPA Kunjungan Kerja di Wajo, Ini Agenda Lengkapnya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga (I Gusti Ayu Bintang Darmawati) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022).
Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga (I Gusti Ayu Bintang Darmawati) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022).

Akan ada penandatanganan komitmen dalam pencegahan perkawinan anak bersama para pemangku kebijakan pencegahan perkawinan anak, yakni Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo.

RAKYATKU.COM, WAJO - Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Bintang Puspayoga (I Gusti Ayu Bintang Darmawati) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022).

"Kunjungan Ibu Menteri ke Wajo dalam rangka menindaklanjuti hasil forum group discussion (FGD) terkait komitmen pencegahan perkawinan anak," kata Bupati Wajo, Amran Mahmud, di Sektretariat Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Wajo, sesaat sebelum Menteri PPPA tiba di lokasi.

Amran Mahmud menjelaskan bahwa untuk agenda kunjungan Menteri PPPA ada empat titik di Bumi Lamaddukelleng. "Titik pertama di Sekretariat Puspaga Kabupaten Wajo ini. Setelah itu akan menuju ke Taman Baca La Tiringeng To Taba di belakang tribune Lapangan Merdeka," tuturnya.

Baca Juga : Hari Jadi Wajo Akan Dirangkaikan Peringatan Hari Bumi

Di Taman Baca nanti, Menteri PPPA akan disambut tarian dari anak TK dan SD sekaligus diminta perkenaannya untuk meninjau gerobak kuliner binaan organisasi perempuan. Setelah itu, santap siang sambil menyaksikan pertunjukan simfoni kecapi Bugis.

"Titik ketiga yang menjadi inti dari kunjungan ini adalah puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Wajo tahun 2022 yang akan digelar di Ruang Pola Kantor Bupati," ucap Ketua DPD PAN Wajo ini.

Pada puncak peringatan HAN nanti, Menteri PPPA direncanakan akan berdialog empat aktor kunci pencegahan perkawinan anak (kepala desa perempuan yang berhasil menurunkan perkawinan anak, tokoh adat berpengaruh, tokoh ulama berpengaruh, dan imam desa). 

Baca Juga : Pasca Libur Idul Fitri, Andi Bataralifu Cek Kehadiran ASN Pemkab Wajo

Selain itu, penandatanganan komitmen dalam pencegahan perkawinan anak dengan empat aktor tersebut bersama para pemangku kebijakan pencegahan perkawinan anak, yakni Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo.

"Sebelum meninggalkan Wajo, Ibu Menteri kita akan ajak untuk meninjau pengembangan persutraan melalui pemberdayaan perempuan di Desa Pakkanna, Kecamatan Tanasitolo," beber Ketua PMI Wajo ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo berharap kunjungan Menteri PPPA ini akan membawa kesan yang baik sepeninggalnya dari Wajo. "Saya harap kerja keras dan sinergitas dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan ini," ujarnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Amran Mahmud #Kementerian PPPA