Senin, 25 Juli 2022 14:35

Kunker ke Makassar, Menko PMK Akan Tinjau Bank Sampah di Biringkanaya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi (kanan).
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi (kanan).

“Jadi Pak Menteri nanti akan berkunjung ke sana (BSP Paccerakkang) untuk melihat bagaimana bank sampah di Kota Makassar melakukan budi daya maggot,” kata Kepala DLH Makassar, Aryati Puspasari Abadi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, menyampaikan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menerima kunjungan kerja (kunker) Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, pada Selasa (26/7/2022) besok.


Hal itu disampaikan Fatma usai rapat terbatas bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Aryati Puspasari Abadi, dan Camat Biringkanaya, Benyamin B. Turupadang, soal persiapan penerimaan kunker Menko PMK, Muhadjir Effendy.

"Insyaallah kami dari Pemkot Makassar sudah siap mendampingi Pak Menteri dan lokus yang akan dikunjungi sudah kita siapkan. Kami terus mematangkan persiapan menyambut kedatangan beliau," kata Fatma di Kantor Balai Kota Makassar, Senin (25/7/2022).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Kepala DLH Makassar, Aryati Puspasari Abadi, mengatakan Menko PMK rencananya akan mengunjungi Bank Sampah Pusat (BSP) di Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya.

Informasi itu berdasarkan surat resmi yang diterima Pemkot Makassar melalui DLH dari Kemenko PMK.

“Jadi Pak Menteri nanti akan berkunjung ke sana (BSP Paccerakkang) untuk melihat bagaimana bank sampah di Kota Makassar melakukan budi daya maggot,” ungkap Puspa.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Puspa berujar budi daya maggot yang berasal dari black soldier flies (BSF) atau lalat hitam sudah dikembangkan oleh BSP Paccerakkang sebagai percontohan.

Menurutnya, budi daya maggot merupakan solusi untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga. Sebab, maggot akan mereduksi sampah sisa-sisa makanan.

Dia menjelaskan peralatan dalam budi daya maggot di BSP Paccerakkang sangat lengkap dan sudah terintegrasi. Pemeliharaannya mulai dari telur, larva, pre pupa, pupa. hingga menjadi lalat dewasa bisa dilihat di sana.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Dilantik Jadi Waketum Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional

“Di sana ada juga mesin untuk mengekstraksi larva maggot menjadi minyak esensial yang baik untuk kecantikan dan pengobatan. Jadi, di sana itu kita sudah bisa mellihat bagaimana siklus pemeliharaan maggot,” jelasnya.

Selain di BSP Paccerakkang, budi daya maggot juga sudah mulai dikembangkan di bank sampah lainnya di Makassar, seperti di Untia.

“Jadi di beberapa bank sampah lain itu kita sudah kembangkan, cuma memang untuk perlengkapan itu paling lengkap dan pengelolaan yang paripurna itu di BSP Paccerakkang," tuturnya.

#pemkot makassar #Fatmawati Rusdi #Muhadjir Effendy