Senin, 25 Juli 2022 09:21

Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Perusahaan by Jurnal.id

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Paper)
Ilustrasi. (Foto: Paper)

Hampir semua bidang atau proses bisnis di dalam perusahaan pada akhirnya harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini, termasuk dalam bidang akuntansi.

RAKYATKU.COM - Software akuntansi terbaik by Jurnal.id merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin canggih dalam perkembangannya. Karenanya setiap orang tentunya dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan yang ada meskipun tidak sampai level ahli.

Dalam hal ini juga termasuk pada kalangan bisnis maupun perusahaan harus mampu mengikutinya. Di zaman sekarang ini, teknologi akan sangat membantu berbagai kegiatan manusia termasuk dalam urusan bisnis. Tanpa menerapkan teknologi, sebuah perusahaan akan sulit bersaing atau berkembang karena kini
perusahaan dituntut bisa bekerja dengan cepat dan tepat hasilnya.

Hampir semua bidang atau proses bisnis di dalam perusahaan pada akhirnya harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini, termasuk dalam bidang akuntansi. Perkembangan teknologi yang dimanfaatkan untuk bidang akuntansi tidak hanya pada sisi hardwarenya saja, namun juga softwarenya dengan adanya software akuntansi terbaik.

Berbagai jenis pekerjaan atau tugas yang berkaitan dengan akuntansi bisnis perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat menggunakan software akuntansi terbaik. Dari sini munculah berbagai vendor atau pengembang aplikasi maupun software khusus bisnis.

Hal ini bisa membuat kita bingung menentukan maka pengembang atau vendor yang terpercaya dengan software terbaiknya. Namun sebelum membahas tentang software akuntansi terbaik dari vendor atau pengembang terpercaya, sebaiknya kita tahu tips memilih software akuntansi terbaik.

Kenali Jenis Usaha atau Bisnis Perusahaan
Sebelum memilih software khusus untuk akuntansi tentunya Anda harus mengenali jenis usaha yang dijalankan oleh perusahaan lebih dulu. Sebab setiap jenis usaha atau bisnis mulai dari perdagangan, jasa, industri, manufaktur dan sebagainya mempunyai karakter dan proses bisnis yang berbeda.

Selain jenis bisnis atau usahanya, Anda juga harus mengetahui pula bentuk usaha atau bisnis. Apakah perusahaan Anda berbentuk UMKM, kepemilikan pribadi, firma, CV atau PT.

Setelah kedua hal tersebut diketahui, maka selanjutnya kita dapat membuat list atau memetakan berbagai jenis kegiatan akuntansi yang dijalankan perusahaan. Sebab setiap jenis dan bentuk perusahaan mempunyai aktivitas akuntansinya tersendiri yang dapat berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

Faktor Pertimbangan Memilih Software Akuntansi Terbaik
Setelah Anda dapat memetakan pekerjaan akuntansi yang ada di perusahaan tentunya Anda akan tahu software seperti apa yang akan dibutuhkan. Pastikan software mempunyai fitur yang Anda butuhkan, jangan sampai kekurangan fitur yang dibutuhkan maupun terlalu banyak karena akan mubazir. Untuk memilih sebuah software akuntansi terbaik sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Software offline atau online
Jenis software akuntansi yang banyak dikembangkan secara umum mempunyai 2 jenis yaitu berbasis offline maupun online. Untuk software akuntansi yang berbasis online Anda dapat menggunakan dan mengontrol software dari mana dan kapan saja. Hal ini dapat dilakukan asal Anda mempunyai hak akses ke dalam software dan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Sedangkan, pada software yang berbasis offline itu berarti Anda harus memasukkan semua data dari desktop atau komputer server yang telah diintegrasikan dengan sistem software. Kedua jenis software tersebut tentunya mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri, pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun sekarang ini software online lebih banyak diminati karena kemudahan aksesnya.

2. Kemudahan dalam akses
Kemudahan dalam mengakses software merupakan hal yang perlu Anda perhatikan bila memilih software yang berbasis online. Software yang sudah berbasis cloud umumnya akan mempunyai kemudahan akses bagi penggunanya. Hal ini juga berarti Anda dapat mengaksesnya dari mana dan kapan saja asalkan mempunyai koneksi internet yang stabil.

Kemudahan akses disini juga berarti software dapat dibuka dan diintegrasikan pada banyak platform sistem operasi maupun perangkat. Hal ini merupakan penting sebab bila software mudah untuk diakses maka meskipun Anda sedang keluar kantor namun masih dapat memantau dan mengelola proses akuntansi melalui gadget.

3. Keamanan datanya terjamin
Faktor keamanan data yang ada dalam software juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin mengotomatiskan proses akuntansi menggunakan software. Beberapa hal yang harus diperhatikan dari keamanan data ini adalah bagaimana penyimpanan datanya, server yang digunakan hingga bagaimana tingkat pengamanannya.

Apabila menggunakan software web based maka Anda dapat mengecek URL-nya apakah memakai koneksi https. Protokol https merupakan hal penting karena data yang ditransfer akan dienkripsi sehingga tidak dapat dilihat oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

4. Mudahnya penggunaan
Selain mempunyai fitur dan sistem yang baik tentunya software akuntansi terbaik juga harus mudah digunakan baik oleh Anda maupun tim. Karenanya software yang user friendly merupakan salah satu pertimbangan utama ketika memilih software. Untuk mengetahuinya kita dapat melihat dari tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami.

Walaupun dari pihak vendor atau pengembang akan memberikan petunjuk atau manual book hingga pelatihan, namun bila software mudah digunakan tentu tim Anda akan lebih cepat memahaminya. Jadi kelak nantinya pengguna tidak akan direpotkan dalam penggunaannya.

5. Layanan bantuan
Adanya layanan bantuan atau yang sering disebut customer support juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah software akuntansi. Pastikan pengembang atau vendor software menyediakan layanan bantuan ini yang didukung oleh tim ahli yang cepat tanggap dalam mengatasi keluhan pelanggan. Hal ini sangat krusial bila sewaktu-waktu ada masalah dalam penggunaan software, layanan bantuan yang selalu siap sedia akan memastikan masalah bisa cepat teratasi.

Untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan tersebut tidak ada salahnya Anda menguji langsung bagaimana respon layanan bantuan. Sikap ramah tim customer support dan pemberian solusi yang jelas merupakan tolak ukur yang harus Anda pertimbangkan.

6. Pertimbangkan skala perusahaan
Skala perusahaan juga menjadi pertimbangan ketika memilih software akuntansi terbaik, jangan hanya melihat skalanya sekarang saja namun bagaimana prediksinya 1 sampai 2 tahun mendatang.

Dari sini kita dapat memilih software yang mampu mengikuti kemajuan input data perusahaan beberapa tahun mendatang. Walaupun data akuntansi dapat ditransfer, namun melakukannya tentu tidak semudah melakukan copy paste.

7. Fitur
Tentu ketika kita memilih sebuah software untuk bisnis kita harus melihat fitur apa saja yang disediakan di dalamnya. Pastikan semua fitur yang ada memang dapat memenuhi berbagai kebutuhan akuntansi perusahaan. Kita juga dapat melihat dari banyak tidaknya fitur yang disediakan dalam software, namun meski begitu ini bukanlah pertimbangan mutlak.

Pastikan semua kebutuhan akuntansi perusahaan Anda dapat diselesaikan dengan fitur yang ada. Tidak hanya itu, semua fitur ini juga harus terintegrasi dengan divisi atau bagian lainnya. Hal ini agar memudahkan pekerjaan terkait akuntansi yang berhubungan dengan divisi lainnya di dalam perusahaan.

8. Harga atau tarif sewa
Tips terakhir dalam memilih software akuntansi terbaik yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan harga atau tarif sewanya. Tentunya harga atau tarif yang ditawarkan harus sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Umumnya software dengan fitur yang semakin banyak akan membuat harganya semakin mahal, namun hal ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Tentu akan menjadi hal yang mubazir bila ada beberapa fitur di dalam software justru tidak terpakai.

Namun juga jangan sampai fitur software tidak bisa mencakup semua kebutuhan perusahaan, sebab pada umumnya tambahan fitur juga akan membuat tambahan biaya. Karenanya penting memastikan masalah harga atau tarif sewa ini sedari awal agar kelak tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan ketika mencari sebuah software akuntansi terbaik untuk perusahaan Anda. Tentunya kita tidak ingin menyesal ketika memilih membeli atau menyewa sebuah software akuntansi. Beberapa pertimbangan tersebut bisa menjadi tolak ukur apakah penyedia software merupakan pengembang atau vendor yang terpercaya.

Software Akuntansi Terbaik by Jurnal.id
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi akan sangat membantu dalam berbagai pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang akuntansi bisnis. Dengan bantuan teknologi, seorang akuntan dapat melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Bentuk kemudahan ini diwujudkan dalam sebuah software akuntansi untuk bisnis perusahaan.

Dengan bantuan software ini, maka semua proses rekap data transaksi, perhitungan hingga pembuatan laporan keuangan perusahaan akan lebih mudah dikerjakan. Selain pekerjaan terkait akuntansi perusahaan menjadi efektif dan efisien, penggunaan software juga dapat meminimalisir bahkan menghindari kesalahan informasi maupun perhitungan dalam akuntansi bisnis perusahaan.

Dari sini tentunya kita akan mempunyai pertanyaan, manakah software akuntansi terbaik yang bisa kita gunakan? Di Indonesia sendiri tentunya ada banyak pengembang atau vendor yang mengeluarkan software tersebut. Namun salah satu yang terbaik sekaligus pionir awal pengembang software akuntansi terbaik adalah Mekari Jurnal.

Software akuntansi by Mekari Jurnal merupakan salah satu yang terbaik untuk Anda pilih, sebab di dalamnya mempunyai fitur lengkap untuk kebutuhan akuntansi perusahaan. Mekari Jurnal mengembangkan software akuntansi berbasis cloud yang dapat digunakan untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar. Beberapa fitur unggulan di dalamnya sebagai berikuit.

-Pelaporan lengkap dan penyajian data secara real time.
-Pencatatan biaya dan pembuatan faktur yang mudah dan cepat.
-Pelacakan persediaan dan informasi keuangan yang mudah dilakukan.
-Manajemen aset perusahaan yang mudah.
-Cash link yang dapat mengintegrasikan software dengan akun bank perusahaan untuk kemudahan transaksi.

Tentunya masih ada banyak lagi fitur di dalam software akuntansi by Mekari Jurnal, untuk info lengkapnya bisa Anda lihat melalui website resminya di software akuntansi terbaik.

Mekari sendiri merupakan pengembang atau vendor berbagai software dan aplikasi khusus untuk bisnis perusahaan yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Sudah banyak klien yang menggunakan dan membuktikan keandalan software dan aplikasi bisnis besutan pengembang yang satu ini.

Secara keseluruhan, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh software akuntansi terbaik by Mekari Jurnal sebagai berikut.

-Tampilan software atau dashboard yang user friendly sehingga pengguna software tidak akan kesulitan untuk memakainya walaupun bukan ahli akuntansi sekalipun.
-Lengkapnya fitur yang ditawarkan untuk memudahkan dalam proses akuntansi perusahaan Anda.
-Sistemnya mudah untuk dioperasikan sehingga dapat meminimalisir atau bahkan menghindarkan kesalahan dalam pekerjaan.
-Mudahnya dalam pembuatan laporan keuangan yang lengkap dan akurat.
-Software telah berstandar ISO 27001 sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan datanya, sebab keamanan ini sebanding dengan keamanan data perbankan.
-Dapat diintegrasikan dengan sistem atau software lain di dalam perusahaan.
-Terjangkaunya harga atau tarif sewa yang ditawarkan.
-Fitur trial atau coba gratisnya selama 14 hari yang bisa Anda manfaatkan.
-Dukungan customer support dari tim ahli yang telah berpengalaman.

Itulah beberapa keunggulan software akuntansi yang dikeluarkan oleh Mekari Jurnal. Anda juga dapat melihat berbagai software atau aplikasi bisnis lainnya dari Mekari di Jurnal.id yang merupakan website resminya. Kembangkan bisnis Anda menuju era digital bersama Mekari Jurnal.

#Teknologi untuk Akuntansi