Rabu, 20 Juli 2022 08:53
Sponsored Content

Tujuh Alasan Mengapa Travel Itinerary Itu Penting Saat Ingin Liburan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Anda perlu mempersiapkan diri, melakukan riset kecil-kecilan, dan berangkat dengan menjadikan travel itinerary panduan utama Anda.

RAKYATKU.COM - Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah travel itinerary atau rencana perjalanan. Dengan membuat itinerary, acara jalan-jalan Anda saat liburan akan jadi lebih terencana dan efisien. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan jauh-jauh hari sebelum Anda beranjak ke stasiun kereta api atau bandara.

Namun hal yang pasti, Anda harus memastikan dulu budget Anda sudah aman untuk melakukan traveling. Jika dirasa budget Anda terlalu mepet, Anda bisa menggunakan Traveloka Pay Later yang akan membantu membiayai perjalanan dengan cara mengangsur.

Setelah itu, Anda perlu mempersiapkan diri, melakukan riset kecil-kecilan, dan berangkat dengan menjadikan travel itinerary panduan utama Anda. Memangnya, apa manfaat membuat rencana perjalanan alias travel itinerary? Berikut beberapa alasan yang harus Anda ketahui di bawah ini.

1. Memaksimalkan Waktu

Dengan membuat travel itinerary, Anda bisa memaksimalkan jatah waktu traveling. Anda tidak akan ketinggalan apapun di tempat wisata.

Selain itu, Anda perlu mempelajari dulu seperti apa destinasi liburan yang hendak dituju, apa saja yang ditawarkannya, berapa harga tiket masuknya, berapa lama perjalanannya, bagaimana rutenya, dan sebagainya.

Itinerary akan ‘memaksa’ Anda melakukan riset kecil-kecilan ini sebelum berangkat sehingga acara traveling akan jadi lebih efisien. Anda tak akan buang-buang waktu lagi di sana karena sudah tahu apa yang harus dilakukan.

2. Estimasi Biaya

Jalan-jalan ke tempat wisata mana pun jelas membutuhkan biaya dan itu bisa diatur sejak awal dalam travel itinerary. Anda bisa memperkirakan berapa uang yang dibutuhkan untuk transportasi, penginapan, tiket masuk, akomodasi, dan biaya-biaya lainnya.

Di rencana perjalanan Anda bisa membuat perkiraan kasar berdasarkan hasil riset, jadi Anda tidak akan ‘kaget’ dengan berbagai pengeluaran dan harga-harga ketika sampai di tempat wisata.

3. Perjalanan Jadi Lebih Tersusun Rapi

Pentingnya riset dalam menyusun itinerary adalah Anda bisa mengatur jadwal jalan-jalan Anda di tempat wisata, dari satu titik ke titik lainnya, dengan estimasi waktu yang Anda tentukan sendiri. Ini menghindarkan Anda dari pemborosan waktu.

Memang mustahil untuk mengunjungi semua atraksi wisata sekaligus dalam sekali jalan, jadi Anda perlu menyusun semacam rute perjalanan yang bisa Anda lakukan dalam sehari.

4. Packing Lebih Mudah

Dengan membuat rencana perjalanan, Anda akan bisa packing lebih mudah. Ini karena Anda sudah tahu lebih dulu seperti apa tempatnya, apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan di sana, dan lainnya, sehingga Anda bisa menyesuaikan barang bawaan Anda.

Perlengkapan pribadi dan baju akan bisa Anda pilih dengan baik sesuai aktivitas Anda nanti. Terlebih lagi, Anda tak akan packing secara berlebihan yang pada akhirnya akan menyusahkan sendiri nantinya.

5. Menentukan Prioritas Jalan-Jalan

Dari sekian banyak atraksi atau kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata, Anda hanya perlu memprioritaskan beberapa hal saja, misalnya apa yang paling ingin Anda lakukan atau tempat yang paling ingin Anda kunjungi di sana.

Itinerary akan mengingatkan Anda akan hal itu. Jadi Anda tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat-tempat yang bukan menjadi tujuan prioritas Anda.

6. Tracking Perjalanan

Rencana perjalanan akan membantu Anda mencatat rangkaian perjalanan Anda dari berangkat sampai pulang. Anda akan tahu di mana Anda menginap, transportasi apa yang Anda naiki, ke mana saja tempat yang Anda tuju, dan lainnya.

Tracking perjalanan ini penting kalau-kalau di tengah perjalanan Anda tersesat dan tak tahu harus ke mana. Anda juga perlu mencantumkan kontak-kontak penting dan darurat agar sewaktu-waktu bisa Anda hubungi.

7. Anda Bisa Pesan Tiket di Awal

Karena Anda sudah meneliti destinasi wisata Anda dan memperkirakan pengeluarannya, maka Anda bisa pesan tiket pesawat atau kereta api jauh-jauh hari agar tak kehabisan kursi.

Menggunakan aplikasi pemesanan tiket, Anda bisa menghemat banyak waktu saat mencari jadwal keberangkatan pesawat atau kereta yang sesuai dengan jadwal jalan-jalan Anda.

Untuk membayar biaya tiket transportasi dan penginapan, Anda bisa menggunakan Traveloka Pay Later. Cara ini akan memudahkan Anda liburan tanpa terbebani biaya-biaya itu di awal karena di sini Anda bisa membayar belakangan dengan cara mengangsur.

Tersedia berbagai pilihan tenor dengan bunga sangat ringan, sehingga Anda rasanya wajib mencoba fitur eksklusif dari Traveloka ini.

Anda tinggal download aplikasinya, daftar jika belum, dan apply Traveloka Pay Later. Setelah pengajuan Anda diverifikasi dan diterima, Anda pun bisa memesan tiket pesawat terbang, kereta api, hotel, dan lain sebagainya dengan cara bayar belakangan.

Praktis dan mudah, kan? Anda bisa liburan kapanpun Anda mau tanpa perlu memikirkan biaya. Setelah semuanya siap, Anda bisa mulai acara traveling berdasarkan travel itinerary yang Anda buat.

Bandingkan saja bagaimana rasanya jalan-jalan dengan itinerary dan tanpa itinerary, hasilnya pasti beda! Dengan rencana perjalanan yang benar dan tersusun rapi, Anda bisa menikmati liburan Anda dengan nyaman tanpa perlu overthinking lagi. Jadi, biasakan untuk membuat travel itinerary sebelum Anda traveling, ya!

#Perencanaan Liburan