Selasa, 19 Juli 2022 19:54

Baznas Barru Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi ke Empat Kampus

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Baznas Barru Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi ke Empat Kampus

"Mereka adalah penuntut ilmu. Dan ilmunya nanti akan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dan umat islam secara khusus"

RAKYATKU.COM, BARRU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mengalirkan kembali bantuan penyelesaian studi ke empat kampus yang berbeda ada di Barru, Selasa (19/7/2022).

Bantuan zakat ini untuk mahasiswa jenjang strata 1 ber-KTP Barru yang akan menyelesaikan skripsinya. Masing-masing mahasiswa menerima Rp3juta per orang.

Adapun rinciannya bantuan ini sebagai berikut.

Baca Juga : 15 Pelajar dan Guru Berprestasi Dapat Bantuan Uang Tunai Beasiswa dari UPZ BAZNAS Pemprov Sulsel

Kampus STIA Al-Gazali menerima Rp135 juta dengan jumlah mahasiswa penerima 45 orang. STKIP Muhammadiyah Barru menerima Rp33 juta dengan jumlah mahasiswa penerima 11 orang.

STAI Al-Gazali Barru menerima Rp60 juta dengan jumlah mahasiswa penerima 20 orang. Dan STAI DDI Mangkoso Rp39 juta dengan jumlah mahasiswa penerima 13 orang.

Ketua Baznas Barru, H. Abdullah Rahim mengatakan, bantuan ini sesuai dengan salah satu dari 8 aznaf (Kategori penerima manfaat zakat). Dimana di dalamnya, mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya diklasifikasikan sebagai fisabilillah.

Baca Juga : Lazisnu Distribusikan Zakat, Infaq, Sedekah dan Bantuan Amaliyah Ramadan Jelang Idul Fitri

"Kenapa mahasiswa masuk dalam kategori fisabillah?, karena mereka adalah orang yang dibutuhkan oleh umat Islam. Mereka adalah pendukung ilmu. Dan ilmunya nanti akan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dan umat islam secara khusus," jelas Abdullah Rahim.

Total jumlah zakat bantuan studi yang disalurkan kepada mahasiswa Strata 1 pada hari ini adalah Rp267 juta dengan jumlah total mahasiswa penerima bantuan yakni 89 orang.

"Setelah mahasiswa jenjang S1, kita juga akan salurkan kepada mahasiswa jenjang S2, S3 dan anak sekolah. Bantuan zakat untuk pendidikan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan mendapatkan berkah di mata Allah Subehanahu Wataala," tutur Abdullah Rahim.

Baca Juga : Pangdam Hasanuddin: Mari Saling Mengingatkan di Bulan Puasa Ini

Ketua STIA Al-Gazali, Ustaz Kamaruddin Hasan, Ketua STKIP Muhammadiyah Barru, Andi Fiptar Abdi Alam, Ketua STAI DDI Mangkoso, Ustaz Muhammad Agus dan Ketua STAI Al-Gazali Pekkae masing-masing mendampingi mahasiswanya dalam menerima bantuan penyelesaian studi ini.

Mereka mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan oleh Baznas Kabupaten Barru. Mereka berharap Baznas Barru sebagai mitra zakat dapat saling meningkatkan kerja sama dan kerja sama untuk menggelorakan zakat di Barru.

Mahasiswa menjadi pelopor untuk sosialisasi dan akan menggelorakan manfaat zakat hingga ke pelosok Barru. Terima kasih kepada Baznas Barru dan seluruh warga Barru atas bantuan penyelesaian studi ini, demikian inti dari pernyataan masing-masing Kepala Perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Ingatkan Soal Kewajikan Membayar Zakat

Turut membersamai penyaluran zakat ini, yakni para komisioner Baznas Barru, H. Kahar, Muh. Syahabuddin, dan H.Amrullah Mamma.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Baznas Kabupaten Barru #STIA Al-Gazali #STKIP Muhammadiyah #STAI DDI #Ketua Baznas #zakat