Senin, 18 Juli 2022 11:52

Jaksa Agung Hingga Kepala Intelijen Dipecat Zelensky

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (Ukrainian Presidential Press Office via AP)

"Hari ini, saya membuat keputusan untuk melepaskan tugas mereka sebagai jaksa agung dan kepala dinas keamanan Ukraina"

RAKYATKU.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat kepala jaksa dan kepala badan keamanan intelijen negara (SBU). Keduanya diberhentikan dari jabatan dalam perombakan pemerintah pada akhir pekan kemarin.

Pemecatan tersebut merupakan perombakan kabinet pemerintahan terbesar yang dilakukan Zelensky sejak invasi Rusia yang berlangsung sejak hampir lima bulan lalu.

Zelensky mengatakan pemecatan terhadap Jaksa Agung Iryna Venediktova dan Kepala SBU Ivan Bakanov dilakukan di tengah tingginya jumlah kasus dugaan makar oleh aparat penegak hukum Ukraina.

Baca Juga : Presiden Ukraina Yakin Pengiriman Jet Tempur F-16 AS Dapat Mengakhiri Invasi Rusia

"Hari ini, saya membuat keputusan untuk melepaskan tugas mereka sebagai jaksa agung dan kepala dinas keamanan Ukraina," kata Zelensky dalam pidato hariannya, dikutip dari AFP.

Zelensky mengatakan ada lebih dari 651 kasus dugaan pengkhianatan dan persekongkolan antara pejabat Ukraina-Rusia sudah terkuak dan tengah diselidiki.

Lebih dari 60 pejabat di antaranya yang bekerja di sejumlah badan yang dipimpin Bakanov dan Venediktova kini bekerja untuk Rusia.

Baca Juga : Presiden Ukraina Sebut Barat Akan Hancur Jika Rusia Dibiarkan Begitu Saja

"Sejumlah besar kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional dan hubungan yang terjalin antara pejabat penegak hukum Ukraina dan layanan khusus Rusia menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait," kata Zelensky.

"Setiap pertanyaan seperti itu akan dijawab."

Venediktova telah memimpin penyelidikan Ukraina atas dugaan kekejaman yang dilakukan pasukan Rusia di kota Bucha di luar Kyiv yang menyebabkan kemarahan internasional.

Baca Juga : Korban Tewas di Atas 80 Sejak Awal Bentrokan di Sudan

Dikutip Reuters, Bakanov telah didapuk menjadi pemimpin SBU pada 2019. Ia merupakan satu dari sederet wajah baru politik Ukraina yang menjadi terkenal setelah Zelensky, sang mantan komedian memenangkan pemilihan umum pada awal 2019.


Sumber: cnnindonesia.com

#Rusia vs Ukraina #Volodymyr Zelensky #Vladimir Puitn #perang dunia #invasi #Operasi Militer