Minggu, 17 Juli 2022 15:05

Buka Kompetisi Panjat Tebing, Pangdam Hasanuddin: Bagi Pecinta Olahraga Ekstrim Ini Dapat Menjadi Pilihan

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki
Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki

"Kita mengharapkan dengan diselenggarakannya event Kompetisi Panjat Tebing Sirkuit Daerah FPTI Sulsel Tahun 2022 ini, akan melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk menuju event yang lebih besar, baik tingkat nasional, maupun internasional"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki membuka Kompetisi Panjat Tebing Tingkat Daerah Sulsel. Kegiatan ini dilaksanakan di Venue Panjat Tebing Lapangan Hasanuddin, Jl. Jend. Sudirman Makassar pada Minggu (17/07/2022).

Kompetisi Panjat Tebing ini memperebutkan Piala Pangdam XIV/Hasanuddin yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

"Saya sangat bangga atas inovasi pihak penyelenggara dalam melaksanakan kegiatan ini, yang dikemas dalam bentuk Sirkuit Daerah Panjat Tebing “Panglimata’ Kodam XIV Hasanuddin Series” FPTI Sulsel. Dari segi kesehatan panjat tebing adalah olahraga yang sangat menantang dan beresiko tinggi," ungkap Pangdam dalam sambutannya.

Baca Juga : Optimalisasi Lahan di Lampung, Kementan-TNI Terjun ke Lapangan Setiap Hari

"Bagi pencinta tantangan dan olahraga ekstrim, maka olahraga panjat tebing dapat menjadi pilihan. Walaupun olahraga ini memilki resiko yang tinggi dan ekstrim, namun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh yaitu, membentuk dan memperkuat otot tubuh, serta juga dapat membakar kalori dua kali lipat dari pada pendaki gunung," sambungnya.

Ia juga mengatakan, olahraga panjat tebing juga memiliki manfaat lain yaitu dapat melatih meningkatkan konsentrasi dan fokus.

"Dengan demikian, maka olahraga ini bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental," sebutnya.

Baca Juga : Babinsa Kodim Polman Isi Kegiatan Ramadhan Dengan Mengajar Anak-anak Mengaji

Orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini berharap dalam pembinaan kompetisi ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi guna menuju event yang lebih besar.

"Kita mengharapkan dengan diselenggarakannya event Kompetisi Panjat Tebing Sirkuit Daerah FPTI Sulsel Tahun 2022 ini, akan melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk menuju event yang lebih besar, baik tingkat nasional, maupun internasional," katanya.

"Seluruh peserta kiranya dapat mengikuti kompetisi ini dengan penuh semangat, sekaligus menjadikan event ini sebagai tolak ukur dalam menilai keberhasilan pembinaan atau latihan yang telah dilakukan selama ini," Tambahnya.

Baca Juga : Anggota Kodim Polman Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase Dipenuhi Sampah

Di akhir sambutannya Jenderal bintang dua ini mengingatkan kepada seluruh penyelanggara dan peserta agar dalam pelaksanaan kegiatan untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

"Saya minta agar utamakan faktor keamanan dan keselamatan, baik kesiapan perlengkapan maupun fisik yang baik, jangan hanya terlalu fokus pada pencapaian prestasi dan jangan terlalu memaksakan diri karena hal tersebut berpotensi menimbulkan resiko yang serius," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum FPTI Sulsel, Ir. Imam Subekti mengucapkan terima kasih Pangdam XIV/Hasanuddin karena sudah mendukung dan menyediakan sarana untuk pelaksanaan pertandingan panjat tebing Panglimata'.

Baca Juga : KALLA Bersama TNI Gelar Simulasi Tindakan Penyelamatan Sandera di Wisma Kalla Office Building

"Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Bapak Pangdam XIV/Hasanuddin yang telah bersedia memfasilitasi pertandingan panjat tebing ini, baru kali ini ada seorang Pangdam yang siap membantu FPTI untuk menyelenggarakan panjat tebing," ungkap Imam.

"Mudah-mudahan dalam pelaksanaan pertandingan panjat tebing ini, kami dapat mencetak atlet masa depan yang bisa mengharumkan Prov. Sulsel di tingkat nasional maupun internasional," lanjutnya.

 

#Kodam Hasanuddin #Kejuaraan #panjat tebing #TNI #Sport