Sabtu, 16 Juli 2022 15:00

Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI: PT Vale Jadi Contoh Perusahaan Konkret Terapkan Keberlanjutan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI saay kunjungan lapangan ke wilayah operasional PT Vale Indonesia di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Kamis (14/06/2022).
Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI saay kunjungan lapangan ke wilayah operasional PT Vale Indonesia di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Kamis (14/06/2022).

“Kita melihat PT Vale betul-betul menerapkan proses pertambangan good mining practice atau pertambangan berkelanjutan. Ini saya lihat secara langsung di lapangan," kata salah seorang Tenaga Ahli, Aqib Ardiansyah.

RAKYATKU.COM - SOROWAKO - Tenaga Ahli Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan lapangan ke wilayah operasional PT Vale Indonesia Tbk. (PT Vale) di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (14/06/2022).

Mereka disambut oleh Wakil Presiden Direktur (Wapresdir) PT Vale, Adriansyah Chaniago. Tujuan dari kunjungan ini adalah memastikan operasi PT Vale sesuai dengan kaidah kepatutan dan peraturan perundang-undangan.

Salah seorang Tenaga Ahli, Aqib Ardiansyah, yang juga merupakan Wakil Rektor Universitas Peradaban, salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah mengaku, kunjungan ini adalah pengalaman yang menarik, terutama karena rombongan dapat melihat langsung praktik PT Vale.

“Kita melihat PT Vale betul-betul menerapkan proses pertambangan good mining practice atau pertambangan berkelanjutan. Ini saya lihat secara langsung di lapangan," ungkapnya.

Rombongan juga sempat berkunjung ke kawasan Danau Matano. Impresi positif kembali dirasakan oleh rombongan. “Saya melihat Danau Matano airnya begitu jernih, tidak ada indikasi bahwa limbah dari tambang masuk ke wilayah Danau Matano. Hutan, lingkungan, alam, ekosistem begitu terjaga. Ini yang kita harapkan di Komisi VII, komisi yang membidangi sektor energi. Tentu saya sangat mengapresiasi terhadap proses pertambangan yang dilakukan selama ini. Kita berharap jadi percontohan,” imbuhnya.

Sementara, Wapresdir PT Vale, Adriansyah Chaniago, mengungkapkan kunjungan berbagai pihak ke Sorowako selalu disambut antusias. Terlebih, karena perseroan mampu memberi bukti nyata terhadap standar operasi dan komitmen keberlanjutan PT Vale.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

“Kami sangat bersemangat tiap ada pihak-pihak yang bertamu ke Sorowako. Semakin banyak yang datang, makin banyak yang memberikan kami kepercayaan diri dan keteguhan, bahwa praktik pertambangan kami sudah sesuai jalur dan patuh terhadap kaidah dan standar yang ada," tuturnya.

#PT Vale Indonesia #Komisi VII DPR RI