Minggu, 03 Juli 2022 00:07

Sandiaga Uno : Industri Kreatif Tumbuh di Masa Pandemi, Smartfren Berhasil Bantu Pelanggan Buka Peluang Usaha.

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sandiaga Uno : Industri Kreatif Tumbuh di Masa Pandemi, Smartfren Berhasil Bantu Pelanggan Buka Peluang Usaha.

Sandiaga Uno : sektor aplikasi dan game developer tumbuh cukup pesat disaat pandemi.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-- Pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia membawa dampak yang signifikan bagi semua masyarakat tanpa terkecuali, semua sektor hampir tak berdaya karena pandemi ini. Berbagai upaya pun dilakukan oleh pemerintah Indonesia, agar bisa keluar dari pandami dan ekonomi kembali pulih.

Tercatat, sektor pariwisata dan perhotelan yang paling terkena imbas pandemi, karyawan mulai banyak yang di rumahkan, hotel pun sebagian ada yang gulung tikar, mungkin karena operational yang cukup tinggi tetapi minus pemasukan, atau juga yang tutup sementara sampai menunggu kondisi kembali stabil.

Kondisi ini berjalan hampir dua tahun, sampai akhirnya dengan berbagai upaya dan usaha pemerintah, pandemi mulai melandai.

Tetapi dibalik pandemi yang panjang, memaksa masyarakat untuk berfikir apa yang harus dilakukan agar tidak terpuruk dalam keadaan ini, akhirnya industri kreatif mulai bermunculan, ada yang berjualan online dengan berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat diantaranya makanan, pakaian, sayur dan produk kecantikan.

Bahkan menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam siaran persnya,rabu,7 Juli 2021 lalu sektor aplikasi dan game developer tumbuh cukup pesat.

"Mereka tidak hanya menjual produk secara online tetapi juga menciptakan konten kreatif untuk bertahan dan bisa menembus pasar ekspor,kemenparekraf siap memfasilitasi dengan pelatihan-pelatihan baik secara online ataupun offline agar mereka bisa hidup tidak hanya di tengah pandemi, tetapi seterusnya”, ungkapnya.

Sulis adalah seorang karyawan di klinik kecantikan yang berada di mal di kota makassar, karena pandemi terpaksa dia dirumahkan dan klinik tempat iya bekerja tutup sementara, hingga di pertengahan tahun 2021 , kliniknya baru mulai buka tetapi tidak secara full, atau hanya seminggu tiga kali.

Karena kondisi ini Sulis harus berfikir apa yang harus iya lakukan untuk menghidupi ketiga anaknya, akhirnya karena iya pandai memasak ia mulai berjualan makanan secara online, setiap hari Sulis mulai memasarkan produknya melalui akun sosial medianya seperti Facebook, Instagram, dan story whatsapp.

"Alhamdulilah usaha ini yang membantu saya untuk mendapatkan penghasilan, saya hanya membutuhkan kuota internet saja untuk melakukan penjualan secara online, untung saya mempunyai paket internet dari Smartfren yang murah dan jaringannya bagus, sehingga saat saya menjajakan dagangan secara live , jaringan tidak pernah terhambat,atau putus saat live."ucapnya.

Kini selain makanan masak ,Sulis juga berjualan buah-buahan segar dan makanan beku juga secara online.

"Kalau hari ini saya masih bisa eksis berjualan secara online bahkan memiliki reseller di daerah sampai ke jayapura dengan berjualan makanan beku, itu karena keputusan saya memilih Smartfren Unlimeted untuk membantu penjualan saya.

"Terimakasih Smartfren karena layanan internet yang baik sehingga Industri kreatif ,konten kreator,penjual online tumbuh dan bisa bertahan di tengah pandemi, Semoga jaringan internet Smartfren bisa terjangkau hingga ke pelosok daerah sehingga usaha-usaha rakyat kecil juga bisa tetap hidup."

 

Penulis : Lisa Emilda