Jumat, 15 Juli 2022 14:17

Rudianto Lallo Ingatkan Kepsek dan Komite Sekolah Tidak Boleh Baku Bombe

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudianto Lallo Ingatkan Kepsek dan Komite Sekolah Tidak Boleh Baku Bombe

"Kepsek tidak boleh intervensi komite. Komite sekolah juga tidak boleh juga intervensi kepsek"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo meminta pengurus komite sekolah menjalin hubungan harmonis dengan kepala sekolah.

"Kepsek tidak boleh intervensi komite. Komite sekolah juga tidak boleh juga intervensi kepsek. Kepsek dan komite tidak boleh baku bombe," kata Rudianto dalam rapat koordinasi Dewan Pendidikan Makassar dengan Komite Sekolah di Yayasan Darussalam Makassar, Kamis (14/7).

Menurutnya, Rudianto Lallo yang juga Ketua DPRD Makassar, komite sekolah merupakan bagian dari stakeholder pendidikan yang memiliki peran signifikan dalam mengawasi proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Baca Juga : Tok! NasDem Sulsel Usung Tasming Hamid di Pilwalkot Parepare

Rapat koordinasi komite sekolah kali ini diikuti 60 komite dari sejumlah SD dan SMP negeri dan swasta di wilayah Kecamatan Biringkanaya dan Tamalanrea.

Rapat koordinasi yang dikemas lewat program DPKM menyapa ini merupakan seri ketiga. Sebelumnya rakor serupa sudah digelar untuk wilayah Panakkukang-Manggala serta wilayah Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Bontoala.

Forum rakor kali ini menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya Dr Agusnawati, Hermin dari Ombudsman RI dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Mahmud BM.

Baca Juga : Nasdem Siapkan Fatmawati Rusdi Maju Pemilihan Wali Kota Makassar

Mahmud BM dalam pemaparannya banyak menjelaskan peran dan fungsi komite sekolah. Ia mengatakan komite sekolah harus berperan aktif dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah termasuk kualifikasi tenaga pendidik yang ada di sekolahnya masing-masing.

Dalam rapat koordinasi terungkap beragam persoalan yang menimpa komite sekolah. Salah satunya ada sekolah yang belum memiliki komite.

"Di sekolah kami hasil pemilihan pengurus komite bubar setelah Ketua Komite pindah tugas. Mohon Dewan Pendidikan Makassar memediasi pembentukan komite baru di sekolah kami," kata salah seorang guru dari SD Mannuruki.

Baca Juga : Dapat Signal dari Nasdem, TSM Bulat Maju Pilkada Parepare

Merespons keluhan sekolah itu, Ketua DPKM Rudianto Lallo langsung menugaskan anggota DPKM, Suarman turun tangan menyelesaikan persoalan ini.

"Insya Allah Dewan Pendidikan akan memfasilitasi ini agar komite sekolah di SD Mannuruki segera terbentuk," katanya.

#Rudianto Lallo #Ketua DPRD Makassar #Partai NasDem #Dewan Pendidikan Kota Makassar