Kamis, 07 Juli 2022 16:29

Modalku Ekspansi ke Makassar, Dukung Sektor UMKM Makin Bertumbuh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Head of Growth Modalku, Arthur Adisusanto (kiri), dan Group Head of Brand & Marketing Communications Modalku, Ariani Hadioetomo.
Head of Growth Modalku, Arthur Adisusanto (kiri), dan Group Head of Brand & Marketing Communications Modalku, Ariani Hadioetomo.

untuk memperkuat jaringan dan membantu UMKM melalui produk pinjaman yang sesuai kebutuhan UMKM, Modalku membuka kantor representatif di Makassar. Harapannya, Modalku dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Sulsel dan Makassar khususnya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Modalku sebagai platform pendanaan digital bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berekspansi ke Kota Makassar untuk mendukung pertumbuhan bisnis melalui penyaluran pendanaan secara lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Melalui ekspansi ini, Modalku berupaya untuk memperluas akses pendanaan serta mendorong para pelaku UMKM khususnya di Makassar agar makin bertumbuh baik dari sisi arus kas, kebutuhan operasional, serta kinerja bisnisnya secara menyeluruh.

"Hal ini juga sejalan dengan komitmen Modalku dalam membantu upaya pemerintah dalam mewujudkan target inklusi keuangan di Indonesia," ungkap Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan, saat jumpa pers di Kantor Perwakilan Modalku, Jalan Karunrung, Makassar, Kamis (7/7/2022). Iwan menjelaskan bahwa Modalku telah memiliki beberapa nasabah di Makassar.

Baca Juga : Grup Modalku Resmi Berekspansi ke Vietnam

Menurut data dari Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan (Sulsel), sejak 2019 hingga Desember 2021, jumlah UMKM di Makassar mencapai lebih dari 1,5 juta pelaku. Jumlah ini terus mengalami peningkatan secara signifikan semenjak terjadinya pandemi Covid-19 segmen yang ditawarkan pun beraneka ragam.

Oleh karena itu, untuk memperkuat jaringan dan membantu UMKM melalui produk pinjaman yang sesuai kebutuhan UMKM, Modalku membuka kantor representatif di Makassar. Harapannya, Modalku dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Sulsel dan Makassar khususnya.

"Makassar memiliki potensi UMKM yang besar, baik dari sisi jumlah maupun sektor industrinya, seperti pariwisata, pertanian, pertambangan, peternakan, dana industri lainnya. Melalui ekspansi ini, ke depannya kami akan menerapkan strategi pengembangan jaringan dari pengguna yang sudah ada sekaligus melakukan recruitment talenta lokal yang dapat menjangkau para pelaku UMKM di Makassar," kata Head of Growth Modalku, Arthur Adisusanto.

Baca Juga : Grup Modalku Resmi Berekspansi ke Vietnam

"Kami juga sangat terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai partner yang memiliki customer base di Makassar agar dapat mencapai target penyaluran pinjaman sebesar Rp20 miliar selama tahun 2022," imbuhnya.

Group Head of Brand & Marketing Communications Modalku, Ariani Hadioetomo, mengungkapkan ekspansi ini tentunya harus diimbangi dengan edukasi dalam menggunakan platform fintech. Dengan menerapkan prinsip responsible lending, pihaknya mengajak para UMKM untuk bisa mengetahui kondisi keuangan bisnisnya sebelum mengajukan pinjaman.

"Melalui prinsip yang sama, Modalku juga melakukan penilaian terhadap UMKM peminjam dan kemampuan mereka untuk melunasi pinjaman. Di sisi lain, kami juga mengimbau masyarakat untuk lebih memahami dan cermat dalam memilih platform pendanaan yang telah berizin dan diawasi OJK," ucapnya.

Baca Juga : Grup Modalku Resmi Berekspansi ke Vietnam

Modalku menyediakan layanan pendanaan digital. Peminja--UMKM yang berpotensi--bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar yang didanai pendana platform, yakni individu atau institusi yang mencari pendanaan, melalui pasar digital.

Sampai saat ini, Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp36,61 triliun kepada lebih dari 5 juta transaksi pinjaman UMKM.

Tentang Modalku

Baca Juga : Grup Modalku Resmi Berekspansi ke Vietnam

Untuk diketahui Modalku beroperasi di Indonesia sejak 2016. Modalku telah memiliki jangkauan operasional di daerah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya. Pada 2022, Modalku makin fokus untuk memperluas jangkauan layanan ke UMKM di luar Pulau Jawa. Kolaborasi dengan berbagai platform digital untuk menjangkau UMKM di luar wilayah operasional Modalku terus dilakukan.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dengan nama Funding Societies.

Pada 2018, Modalku memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge dari Badan PBB (UNCDF-UN Pulse Lab) dan mendapatkan penghargaan internasional The Fintech100 dari KPMG.

Baca Juga : Grup Modalku Resmi Berekspansi ke Vietnam

Pada 2020, Modalku juga mendapatkan penghargaan Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands 2020 dari Iconomics.

Modalku adalah merek dagang yang digunakan oleh PT Mitrausaha Indonesia Grup. Modalku telah berizin di OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan surat tanda berizin KEP-81/D/05/2019. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#Modalku