Kamis, 07 Juli 2022 11:14

Memasuki Panen Raya, Harga Cabai Berangsur Turun

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Memasuki Panen Raya, Harga Cabai Berangsur Turun

Berdasarkan data ketersediaan, produksi cabai besar nasional pada bulan Juni sebesar 78.040 ton sedangkan kebutuhan cabai besar bulan Juni diperkirakan 76.317 ton sehingga neraca cabai besar surplus 1.723 ton

RAKYATKU.COM, JAKARTA – Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, terjadi penurunan harga cabai secara rata-rata nasional.

Penurunan tersebut terjadi karena beberapa sentra cabai mengalami panen raya seperti di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat sehingga ketersediaan cabai jelang Iduladha dalam kondisi cukup.

Kementerian Pertanian memastikan pasokan aneka cabai terutama untuk wilayah Jabodetabek terpenuhi. Pasokan cabai tetap mengadalkan dari sentra di daerah Jawa yang memiliki dataran tinggi seperti Sumedang, Temanggung, Wonosobo serta daerah luar Jawa, seperti: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Utara yang memiliki produksi lebih.

Baca Juga : Panen Raya, Jawa Barat Siap Hasilkan 737 Ribu Ton Beras

Berdasarkan data ketersediaan, produksi cabai besar nasional pada bulan Juni sebesar 78.040 ton sedangkan kebutuhan cabai besar bulan Juni diperkirakan 76.317 ton sehingga neraca cabai besar surplus 1.723 ton. Untuk cabai rawit, produksi sebesar 73.562 ton sedangkan kebutuhan diperkirakan 72.159 ton sehingga neraca cabai rawit surplus sebesar 1.403 ton.

Selanjutnya, produksi cabai besar bulan Juli sebesar 99.949 ton dan cabai rawit sebesar 109.673 ton. Kebutuhan cabai besar bulan Juli diperkirakan 97.731 ton, cabai rawit diperkirakan 87.308 ton sehingga neraca cabai besar surplus 2.218 ton, neraca cabai rawit juga mengalami surplus sebesar 22.365 ton.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa Kementan sudah melakukan mapping terkait supply dan demand pangan strategis termasuk cabai di Indonesia. Mentan SYL menegaskan saat Launching Dukungan Kementan dalam Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis Bagi Wilayah DKI Jakarta, Senin, 4 Juli 2022 bahwa pihaknya meyakinkan supplay kita cukup dan neraca dalam kondisi aman.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

"Intinya saya dengan pemprov DKI dan dengan Gubernur lain terbuka untuk melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplay kita cukup dan neraca kita aman," kata Mentan.

Mengutip data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per tanggal 4 Juli 2022, dua jenis cabai yaitu cabai besar dan cabai rawit yang sebelumnya mengalami kenaikan sekarang berangsur turun. Cabai merah besar misalnya, turun 1,2 persen atau Rp850 menjadi Rp70.000/kg dan cabai merah keriting turun 6,53 persen atau Rp5.050 menjadi Rp72.250/kg.

Penurunan harga juga terjadi pada cabai rawit yang sebelumnya sempat tembus Rp120.000 per kilogram di pasaran, kini perlahan turun. Masing-masing harga cabai rawit hijau dan merah turun Rp7.250 dan Rp4.100 per kilogram. Dengan demikian, hari ini harga cabai tersebut di angka Rp62.900/kg dan Rp90.700/kg.

Baca Juga : Kementerian Pertanian Gelar Aksi Promosi Cabai Harga Petani

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri menyampaikan bahwa upaya Kementan dalam stabilisasi harga cabai melalui intervensi ketersediaan membuahkan hasil.

Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura sudah menyiapkan bantuan distribusi mobilisasi barang dari daerah surplus produksi ke daerah minus serta pembinaan pasca panen untuk produk olahan kering sehingga hasilnya dapat menjadi substitusi dikala harga cabai segar relative meningkat,” pungkasnya.

#kementan #Syahrul Yasin Limpo #harga cabai #panen raya