Sabtu, 11 Juni 2022 20:48

Rudianto Lallo Beberkan Alasan Pentingnya Peran Satpol dan Linmas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudianto Lallo Beberkan Alasan Pentingnya Peran Satpol dan Linmas

"Bukan hanya Kepolisian yang menjaga ketertiban tapi minta tanggungjawab pemerintah kota untuk menjaga ketertiban perlindungan masyarakat"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo menggelar Sosialisasi di Hotel Karebosi Primer Makassar, Sabtu (11/06/2022).

Sosialisasi ini terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 07 Tahun 2021 Tentang Ketertiban Umum, Ketentraman dan Perlindungan Masyarakat.

Rudianto Lallo mengatakan Perda ini lahir merupakan inisiasi bersama antara pemerintahan kota dengan DPRD, karena lending sektornya adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Baca Juga : Basdir Terpilih Jadi Ketua IKA Alumni SMK Negeri 4 Makassar

“Satpol itu sebenarnya dibahas khusus didalam Undang-Undang Pemerintahan Daerah dengan pasal-pasal yang sangat banyak, karena melihat pentingnya peranan dari Satpol itu sendiri terkait Perda ini,” katanya.

Ia menjelaskan Satpol PP tidak cukup berjalan sendiri dalam menjalani Perda ini, butuh adanya kemitraan ditingkat level bawah dalam pelaksanaannya misal di tingkat RT/RW maka digagaskanlah adanya Linmas dilingkungan RT/RW tersebut.

“Bukan hanya Kepolisian yang menjaga ketertiban tapi minta tanggungjawab pemerintah kota untuk menjaga ketertiban perlindungan masyarakat. Maka terpilihlah anggota Linmas dari tokoh-tokoh masyarakat RT/RW itu sendiri karena mereka sendirilah yang mengetahui kondisi keamanan daerah mereka masing-masing,” tambah politisi partai Nasdem tersebut.

Baca Juga : Erik Horas Berpotensi Kembali ke Kursi Pimpinan DPRD Makassar

Sementara itu, Zainuddin Djaka yang menjadi narasumber menjelaskan sosialiasi Perda ini bukan hanya untuk menginformasikan tentang adanya Perda yang telah ditetapkan dan dibahas oleh Pemerintah Daerah dengan DPRD namun sosialisasi ini juga merupakan bentuk silahturahmi kepada masyarakat.

“Dalam pelaksanaannya nanti, misalnya dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan bisa saling mengenal dan bisa memberikan masukan-masukannya, tentunya yang terkait dengan Perda tersebut,” ungkapnya.

#dprd makassar #Rudianto Lallo #sosper #Linmas #Satpol PP #perda