Rabu, 06 Juli 2022 14:25

Berbagi hingga Pelosok Negeri, Wahdah Inspirasi Zakat Luncurkan Program Tebar Qurban Nusantara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tebar Qurban Nusantara adalah salah satu program unggulan WIZ tiap menyambut Idulkurban.
Tebar Qurban Nusantara adalah salah satu program unggulan WIZ tiap menyambut Idulkurban.

Berdasarkan laporan tahunan penyaluran hewan kurban WIZ pada 2021, tercatat sebanyak 1.016 ekor sapi dan 661 ekor kambing.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) meluncurkan program Tebar Qurban Nusantara bertajuk berbagi bahagia Lebaran Iduladha 1443 H hingga ke pelosok negeri.

Tebar Qurban Nusantara adalah salah satu program unggulan WIZ tiap menyambut Idulkurban. Tiap tahunnya terus diadakan dan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan laporan tahunan penyaluran hewan kurban WIZ pada 2021, tercatat sebanyak 1.016 ekor sapi dan 661 ekor kambing disalurkan ke pelosok negeri mulai dari Aceh hingga Papua dengan total 51.023 penerima manfaat.

Baca Juga : Laznaz WIZ Bagikan Sembako di Kampung Mualaf Pinrang

"Target Penyaluran hewan kurban di daerah terpencil, termiskin, dan terluar (3T) di batas negeri. Diharapkan masyarakat 3T dapat menikmati hewan kurban agar semangat saling berbagi daging kurban dapat mempererat persaudaraan dan persatuan negeri ini," ujar Taufiq, Ketua Program WIZ, dalam keterangannya, Rabu (6/7/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa Tebar Qurban Nusantara menargetkan penyaluran di luar negeri, seperti Palestina dan Rohingya.

"Dalam kondisi ekonomi umat yang semakin sulit, program kurban WIZ bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau berkurban lewat edukasi dakwah tentang keutaman dan ancaman orang yang tidak mau berkurban walau mampu," ungkapnya.

Baca Juga : Laznaz WIZ Bagikan Sembako di Kampung Mualaf Pinrang

Taufiq juga mengungkapkan bahwa edukasi tentang cara penyembelihan hewan sangat penting. Pasalnya, masih banyak penyelenggara kurban yang belum mengetahui proses penyembelihan sesuai syariat Islam.

"Program kurban WIZ juga mengedukasi para penyelenggara kurban agar memiliki Ilmu dalam memilih hewan kurban yang sehat dan layak serta metode dalam proses penyembelihan sesuai syariat Islam," bebernya.

Klik link ini untuk bergabung. (*)

#Laznas WIZ