Rabu, 06 Juli 2022 11:06

Lewat Laboratorium Inovasi, Wali Kota Parepare Harap ASN Cerdas Ciptakan Layanan Publik Berkualitas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembukaan Laboratorium Inovasi Pemerintah Kota Parepare 2022 di Puslatbang Kajian Manajemen Pemerintahan LAN RI, Kota Makassar, Selasa (5/7/2022).
Pembukaan Laboratorium Inovasi Pemerintah Kota Parepare 2022 di Puslatbang Kajian Manajemen Pemerintahan LAN RI, Kota Makassar, Selasa (5/7/2022).

"Teruslah berkontemplasi, berpikir, dan bergerak, karena ASN tanpa inovasi adalah pepes kosong," kata Taufan Pawe.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka resmi kegiatan Laboratorium Inovasi Pemerintah Kota Parepare 2022 yang berlangsung di Puslatbang Kajian Manajemen Pemerintahan LAN RI, Kota Makassar, Selasa (5/7/2022).

Di hadapan para ASN yang jadi peserta, Taufan menitip beberapa pesan yang memotivasi. "Teruslah berkontemplasi, berpikir, dan bergerak, karena ASN tanpa inovasi adalah pepes kosong. Setinggi apa pun pangkat dan jabatan Anda, jika belum memberikan karya nyata, semua itu tidak bermakna," pesan kepala daerah bergelar doktor ini.

Taufan menekankan untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia, diperlukan percepatan reformasi birokrasi melalui perubahan mindset aparatur yang transformatif, rekrutmen CPNS yang transparan, dan melaksanakan seleksi jabatan secara terbuka.

Baca Juga : Saksikan Laga PSM Vs Kedah FC di Bali, Taufan Pawe Turut Studi Tiru Stadion Kapten I Wayan Dipta

Taufan juga mengingatkan bahwa seluruh SKPD harus terus bergerak dengan melakukan inovasi sehingga tercipta pelayanan prima. "Saya tidak ingin ada SKPD yang berdiam diri dan hanya melaksanakan kegiatan rutin saja setiap tahunnya. Masyarakat membutuhkan inovasi-inovasi dari kita sehingga mereka dapat terlayani dengan baik. Sesungguhnya kita harus menyadari bahwa pemerintah adalah pelayan dan pembantu masyarakat," beber Wali Kota Parepare dua periode ini.

Dia mengajak para ASN Pemkot Parepare untuk berkompetisi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. "Dan saya berharap Laboratorium Inovasi ini menjadi wadah untuk melahirkan banyak inovasi di seluruh SKPD. Jadilah inovator-inovator di kalangan ASN untuk menciptakan peningkatan kualitas pelayanan publik," harap kepala daerah berlatar belakang profesional hukum ini.

Sementara, Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, dalam laporannya mengungkapkan tujuan Laboratorium Inovasi ini untuk membangkitkan semangat inovasi jajaran Pemkot Parepare. "Tentunya untuk membentuk aparat yang memiliki pengetahuan dan kompetensi untuk akselerasi inovasi mendukung reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Samsuddin.

Baca Juga : Diundang Saksikan PSM Makassar Vs Kedah FC, Taufan Pawe Doakan Pasukan Ramang Berjaya di AFC Cup

Samsuddin juga melaporkan bahwa SKPD, Bagian Sekretariat Daerah, UPTD, dan kelurahan yang mengikuti Laboratorium Inovasi telah menyiapkan gagasan inovasi dan telah disampaikan melalui Kotak Inovasi pada link https: //bit.ly/KOTAKINOVASI.

Sponsored by MGID

Laboratorium Inovasi diikuti 33 SKPD Pemkot Parepare, 4 Bagian Sekretariat Daerah, 10 UPTD lingkup Pemkot Parepare, dan 1 kelurahan. Total peserta 93 orang. Berlangsung dua hari, 5-6 Juli 2022.

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintah LAN RI, Andi Taufik, Tim Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI, dan Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN, Hartono. Dari Pemkot Parepare hadir asisten, staf ahli, para kepala SKPD, dan kepala bagian Setda Parepare. (*)

#Pemkot Parepare #taufan pawe