Selasa, 28 Juni 2022 10:35

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak di Kalimantan Selatan (Kalsel). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menerima bantuan vaksin PMK sebanyak 4.200 dosis dari Ditjen PKH Kementan. (Foto: Kementan)
Penyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak di Kalimantan Selatan (Kalsel). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menerima bantuan vaksin PMK sebanyak 4.200 dosis dari Ditjen PKH Kementan. (Foto: Kementan)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menerima bantuan vaksin PMK sebanyak 4.200 dosis dari Ditjen PKH Kementan.

RAKYATKU.COM - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), atas alokasi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Ia memastikan, vaksin PMK ini akan mendukung prioritas Kalsel untuk menanggulangi dan melakukan pencegahan PMK.

Hal ini disampaikan Paman Birin, sapaan akrabnya, pada sambutan apel siaga penanganan PMK di Kalsel yang diselenggarakan di halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (27/6/2022).

Baca Juga : Pj. Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran atas Solusi Cepat Bagi Petani

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK ke Provinsi Kalimantan Selatan," ucap Sahbirin.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel telah menerima bantuan vaksin PMK sebanyak 4.200 dosis dari Ditjen PKH Kementan.

Dari alokasi tersebut telah divaksinkan ke ternak sebanyak 3.164 ekor (75,3 persen) sampai dengan tanggal 26 Juni 2022. Ternak yang ada di BPTU HPT Pelaihari telah dilakukan Vaksinasi semuanya yang terdiri atas ternak sapi 133 ekor dan Kambing 1.265 ekor (total 1.398 ekor).

Baca Juga : Halal Bihalal Kementerian Pertanian, Mentan Amran Bicara Cinta Membangun Pertanian Gemilang

"Target vaksinasi sebanyak 4.200 dosis diharapkan selesai tanggal 29 Juni 2022," tutur Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi, juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) yang telah bergerak cepat dari menyiapkan logistik dan mendistribusikan vaksin serta obat-obatan untuk pengendalian wabah PMK.

"Vaksin yang sudah kami terima dari Kementan langsung kami bagikan ke seluruh kabupaten/kota di Kalsel," ucap Suparmi

Baca Juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana di Kalimantan Tengah

"Kita berharap PMK ini segera dapat kita atasi bersama," imbuhnya.

#Kementerian Pertanian #Syahrul Yasin Limpo