Kamis, 23 Juni 2022 18:07

Sekkot Makassar Perintahkan Camat dan Lurah Tertibkan Penampungan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekkot Makassar Perintahkan Camat dan Lurah Tertibkan Penampungan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

"Prosedur pemotongan hewan melalui juru sembelih hewan di RPH telah memenuhi standar halal, dan sudah sesuai syariat Islam karena telah mendapat pengakuan dan dipantau MUI"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) menggelar sosialisasi Peraturan Walikota (Perwali) No. 9 tahun 2022. Sosialisasi ini digelar di ruang Sipakalebbi, Lantai ll Kantor Balaikota Makassar pada Kamis (23/6/2022).

Perwali ini menjelaskan tentang penjaminan kualitas daging Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) yang layak dikomsumsi oleh masyarakat.

Sosialisasi yang dihadiri oleh Sekkot Makassar, M. Ansar ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada pihak terkait, utamanya kepala pasar, camat kebawah, tentang peredaran daging yang sehat.

Baca Juga : Dosen Unhas: Program Lorong Wisata Harus Menjadikan Makassar Kota Inklusif

"Dengan sosialisasi ini, Informasi cepat terserap di masyarakat, khususnya bagi pedagang daging. Perwali diterbitkan Walikota untuk mengantisipasi penyebaran penyakit hewan yang bisa mengancam manusia, hewan, dan lingkungan," kata M. Ansar saat memberikan sambutannya.

Dia juga meminta para camat, menata penjual hewan qurban di wilayahnya menjelang hari raya qurban, agar tidak menimbulkan kesemrawutan dan menganggu lingkungan.

"Para Camat dan Lurah sudah harus menentukan titik lokasi penampungan hewan tujuannya agar tidak sampai menimbulkan kesemrawutan," tambah M. Ansar.

Baca Juga : Danny Pomanto Sebut TNI-Polri Terdepan Bantu Atasi Pandemi

Sementara itu, Penjabat Direksi PD RPH, Syafrullah mengatakan sosialisasi ini melibatkan stakeholder pengawasan dan instansi terkait.

Sponsored by MGID

"Kita undang para camat, Satpol PP, dinas kesehatan dan DP2, serta kepala pasar, agar penerapan Perwali ini, dapat berjalan secara maksimal hingga ke bawah," katanya.

Adapun Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2), Evy Aprialti yang menjadi narasumber mengatakan, pihaknya melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai tupoksinya menjaga
kualitas daging.

Baca Juga : Danny Pomanto Perkenalkan Logo dan Slogan IKA Unhas Sulsel

"Ini mencakup semua tata cara apa yang dilakukan, sesuai syarat administrasi serta dokumen hewan, bagaimana menjamin kualitas daging yang ASUH dengan menggunakan
laboratorium di Tamalate serta mobil keliling meat care, yang diterjunkan ke pasar- pasar, ini rutin kami lakukan menjelang Idul Qurban," jelasnya.

Evy juga menghimbau masyarakat agar tidak ragu mendatangi RPH untuk datang memotong hewannya, karena RPH telah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

"Prosedur pemotongan hewan melalui juru sembelih hewan di RPH telah memenuhi standar halal, dan sudah sesuai syariat Islam karena telah mendapat pengakuan dan dipantau MUI," jelasnya.

#pemkot makassar #danny pomanto #rumah potong hewan