Selasa, 21 Juni 2022 08:36

1 Juli, Gaji Ke-13 PNS Mulai Cair

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Rp34 triliun disiapkan untuk pembayaran gaji ke-13 PNS dan juga pensiunan. Anggaran ini sama dengan yang digelontorkan untuk tunjangan hari raya (THR) PNS bulan lalu.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pembayaran gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) mulai 1 Juli 2022 nanti. Kepastian itu disampaikan Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Tri Budhianto.

"Mulai 1 Juli sudah bisa dicairkan sesuai ketentuan," kata Tri, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengaku menyiapkan anggaran Rp34 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 PNS dan juga pensiunan. Anggaran ini sama dengan yang digelontorkan untuk tunjangan hari raya (THR) PNS bulan lalu.

Baca Juga : Apresiasi Kinerja Taufan Pawe Tekan Inflasi, Menkeu Sri Mulyani Beri DID Rp10 Miliar ke Pemkot Parepare

Anggaran THR tahun lalu ditetapkan Rp34,3 triliun. Dana itu akan disebar kepada PNS yang ada di kementerian/lembaga (K/L) Rp10,3 triliun, kepada PSN daerah Rp15 triliun, serta untuk pensiunan Rp9 triliun.

Pencairan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2022 yang diturunkan ke Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5 Tahun 2022 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas.

Dalam PMK Nomor 5 disebutkan bahwa besaran gaji ke-13 yang dibayarkan sama dengan komponen penghasilan yang diterima pada Juni 2022.

Baca Juga : Pungutan Cukai Detergen dan BBM Tidak dalam Waktu Dekat

Tahun ini, gaji ke-13 akan diberikan berdasarkan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tunjangan jabatan, serta 50 persen tunjangan kinerja. (*)

Sponsored by MGID

Sumber: CNN Indonesia

#kementerian keuangan #Gaji Ke-13