Senin, 20 Juni 2022 14:39
Sponsored Content

Cantik Banget! Ini Lima Wisata Alam Andalan di Bogor

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Air Terjun Kondang atau biasa dikenal sebagai Curug Kondang merupakan wisata alam populer di Bogor yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. (Foto: Wisata Info)
Air Terjun Kondang atau biasa dikenal sebagai Curug Kondang merupakan wisata alam populer di Bogor yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. (Foto: Wisata Info)

Setelah menemukan penginapan yang pas, saatnya menyusun agenda perjalanan! Jika Anda mencari tempat wisata bernuansa alam selain Puncak, berikut ini alternatifnya.

RAKYATKU.COM - Bogor merupakan salah satu kota wisata yang berada dekat dengan kawasan ibu kota. Dikenal memiliki udara sejuk dan beragam tempat rekreasi membuat kota ini selalu dipadati pengunjung saat liburan tiba.

Di sisi lain Bogor juga punya banyak pilihan tempat menginap bagi wisatawan yang ingin tinggal selama beberapa hari. Di antaranya ada hotel, villa, resort, apartemen, hingga glamping. Untuk pemesanan villa di Bogor atau jenis penginapan lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi travel seperti Traveloka.

Setelah menemukan penginapan yang pas, saatnya menyusun agenda perjalanan! Jika Anda mencari tempat wisata bernuansa alam selain Puncak, berikut ini alternatifnya.

1. Curug Kondang
Dalam Bahasa Indonesia curug berarti air terjun. Air Terjun Kondang atau biasa dikenal sebagai Curug Kondang merupakan wisata alam populer di Bogor yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dari gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak pengunjung perlu melakukan perjalanan lagi sekitar 2 kilometer. Setelah itu Anda juga harus trekking kurang lebih 20 menit dari area parkiran.
Meskipun usaha yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi terdengar melelahkan, tetapi semuanya akan dibayar lunas oleh keindahan alam Curug Kondang. Air terjun di tempat ini memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter, sementara di bawahnya terdapat telaga berkedalaman sekitar lima meter.

Menariknya warna air yang ada di telaga terlihat biru jernih hingga menggoda siapa pun yang berkunjung untuk berenang. Untuk memasuki tempat ini pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp10 ribu.

2. Curug Love Nanggung
Curug Love atau Curug Leuwi Cateng adalah air terjun eksotis yang berlokasi daerah Bantar Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor. Sama seperti Curug Kondang, untuk menuju lokasi Curug Love Anda juga perlu melakukan trekking.

Bedanya air terjun di sini hanya memiliki tinggi lima meter. Sementara itu, daya tarik utama dari tempat ini adalah aliran airnya yang dikelilingi oleh tebing cantik di sisi kanan dan kiri mirip Green Canyon di Pangandaran.

Selama berada di sini Anda akan dibuat takjub oleh aliran air yang jernih serta pemandangan ngarai yang meliuk-liuk serta adanya guratan garis horizontal pada dinding tebing. Kalau mau berenang, disarankan datang saat musim kemarau karena debit airnya tidak terlalu besar dan aman.

3. Gua Agung Garunggang
Nama Gua Agung Garunggang sempat viral di kalangan pengguna media sosial karena memiliki bentuk yang tidak biasa. Konon asal usul gua ini juga masih menjadi misteri hingga saat ini. Meski begitu Anda tak perlu risau karena tempat ini menyajikan pemandangan alam yang mengesankan.

Pada bagian dalam gua pengunjung bisa melihat keindahan stalaktit yang menggantung di langit-langit gua. Sementara itu, di sekitar area Gua Agung Garunggang juga ditemukan ngarai berukuran rendah yang penampilannya mirip dengan ngarai di Curug Love.

Sebelum pergi pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima, sebab jalur yang dilalui masih cukup sulit dan menantang.

4. Rawa Gede Sukamakmur
Berlokasi di Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Rawa Gede Sukamakmur adalah sebuah telaga dengan pemandangan alam yang menyegarkan. Bagaimana tidak, area Rawa Gede Sukamakmur saja berada di antara perbukitan yang di sekitarnya terdapat perkebunan dan persawahan.

Untuk menuju lokasi, Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh peta digital. Sesampainya di Rawa Gede Sukamakmur Anda akan menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Sesekali terdapat kabut yang akan membuat suasana sekitar terasa lebih teduh.

Tiket masuk Rawa Gede Sukamakmur dibanderol sekitar Rp20 ribu per orang dengan fasilitas berupa toilet, warung makan, gazebo, serta beberapa dudukan. Menariknya lagi, di tempat ini juga terdapat area kemping dengan biaya tambahan sebesar Rp10 ribu.

5. Lembah Tepus
Satu lagi tempat wisata alam yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah Lembah Tepus.

Lembah Tepus merupakan air terjun mini yang di sekitarnya terdapat kolam alami dengan air berwarna biru jernih. Sangking jernihnya Anda bahkan bisa melihat bebatuan yang ada di dasar kolam.

Sementara itu, pemandangan alam di sekitar Lembah Tepus juga masih alami hingga membuat pengunjung betah berlama-lama. Soal fasilitas, di wisata ini terdapat tempat parkir, toilet, musala, warung makanan, dan pondok sebagai istirahat sementara.

Itulah lima wisata alam di Bogor yang memiliki pemandangan mengesankan. Untuk menjelajahi seluruh tempat di atas pastinya tidak cukup dalam satu hari. Jika membutuhkan tempat menginap, Anda bisa memesan kamar di Chevilly Resort & Camp melalui Traveloka.

Soal harga Anda tidak perlu khawatir, sebab mulai tanggal 15-26 Juni 2022 akan ada promo Teman Tanggal Merah dari Traveloka. Traveloka TTM menawarkan diskon hingga Rp1 juta plus diskon sampai 70 persen untuk pemesanan hotel dan Holiday Stay. Dengan begitu biaya liburan atau staycation jadi lebih hemat, bukan?

Tak usah berlama-lama lagi, ayo, ciptakan keseruan liburan dan staycation bersama Traveloka! (*)

#Destinasi Wisata Bogor