Kamis, 16 Juni 2022 14:10

Polres Barru Peringkat Pertama Se-Indonesia Raih Penghargaan Kemenkeu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penghargaan diserahkan langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan) dalam Musrenbang Polri 2022 di ruang rapat Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2022) kemarin.
Penghargaan diserahkan langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan) dalam Musrenbang Polri 2022 di ruang rapat Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2022) kemarin.

Penghargaan ini diberikan kepada Satker di lingkungan Polda, Polres Metro/Polrestabes/Polresta, dan Polres yang memiliki nilai kinerja anggaran kategori sangat baik.

RAKYATKU.COM, BARRU - Polres Barru, Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), menorehkan prestasi yang membanggakan dengan meraih peringkat pertama se-Indonesia dan memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Polres Barru meraih predikat kinerja anggaran kategori sangat baik untuk penggunaan pagu kurang dari Rp 50 miliar.

Kapolres Barru, AKBP Yudha Wirajati Kusuma, mengatakan penilaian dari Kemenkeu ini dalam penyerapan anggaran yang diberikan negara.

Baca Juga : Polres Barru Salurkan Zakat 334 Personel ke Baznas

Pemberian penghargaan ini diserahkan langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam Musrenbang Polri 2022 di ruang rapat Tribrata, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2022) kemarin.

Kata perwira berpangkat dua melati itu, penghargaan ini diberikan kepada Satker di lingkungan Polda, Polres Metro/Polrestabes/Polresta, dan Polres yang memiliki nilai kinerja anggaran kategori sangat baik.

Ada lima komponen penilaian, yakni penyerapan anggaran, konsistensi atas RPD awal, konsistensi atas RPD akhir, capaian keluaran, dan efisiensi anggaran.

Baca Juga : Operasi Ketupat 2024: Polres Barru Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

"Itu nilai obyektif yang didapat karena hasil kinerja. Pemerintah mengapresiasi Polres Barru bisa memanfaatkan anggaran dengan baik dan salah satu bukti kalau Barru bisa bersaing dengan Polres di Pulau Jawa," tambahnya.

Di Polda Sulsel ada tiga Polres yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu diantaranya Polres Barru, Polres Parepare, dan Polres Gowa. Namun, hanya Polres Barru yang peringkat pertama, yang lainnya meraih peringkat dua.

"Prestasi ini merupakan salah satu bukti keseriusan dan kerja nyata kami di Polres Barru dan jajaran dalam pengelolaan keuangan negara demi terwujudnya Polri yang Presisi," jelas mantan Kapolres Toraja Utara itu. (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Polres Barru