Senin, 13 Juni 2022 17:31

Empat Prodi S1 Unhas Jalani Proses Visitasi Akreditasi Internasional AUN-QA Batch IX

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Empat Prodi S1 Unhas Jalani Proses Visitasi Akreditasi Internasional AUN-QA Batch IX

"Saat ini semua program studi Unhas telah terakreditasi secara nasional oleh BAN-PT maupun LAM-PTkes. Penilaian kualitas oleh AUN-QA sejalan dengan tujuan strategis Unhas untuk berkiprah dan diakui secara internasional"

RAKYATKU.COM – Quality Assurance (AUN-QA) melaksanakan visitasi dalam rangka asesmen terhadap empat program studi dari tiga fakultas di Universitas Hasanuddin. Asesmen ini merupakan kegiatan ke-278 yang diselenggarakan oleh AUN-QA.

Pembukaan kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (13/6/2022).

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa menyampaikan rasa senang atas proses asesmen ini. Meski berlangsung virtual, ia meyakini prosedur hingga kualitas penilaian akan sama atau bahkan lebih baik dari proses offline seperti sebelumnya.

Baca Juga : Begini Kata GM PLN UID Sulselrabar kepada Mahasiswa UNHAS tentang Transisi Energi

Prof. JJ mengatakan, sebagai perguruan tinggi, Unhas memiliki komitmen untuk peningkatan kualitas berkelanjutan dan menjadi semangat universitas sejak didirikan tahun 1956. Sebagai PTN terbesar dengan berbagai capaian tidak hanya di bagian Timur Indonesia, berbagai langkah strategis terus dioptimalkan.

"Saat ini semua program studi Unhas telah terakreditasi secara nasional oleh BAN-PT maupun LAM-PTkes. Penilaian kualitas oleh AUN-QA sejalan dengan tujuan strategis Unhas untuk berkiprah dan diakui secara internasional,” kata Prof. JJ.

Sejak beberapa tahun terakhir, Unhas telah memfasilitasi dan memberdayakan semua prodi untuk mendapatkan pengakuan secara internasional melalui beberapa prioritas program pengembangan seperti kelas internasional, pertukaran pelajar dan staf, penelitian dan publikasi bersama, perolehan kredit, gelar bersama, serta internasional akreditasi.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Kembali Bekerjasama dengan UNHAS. Wakil Rektor IV; Semua Wajib Punya BPJS Kesehatan

Prof. JJ pun menambahkan komentar, saran dan rekomendasi dari penilaian AUN QA sebelumnya menjadi masukan berharga bagi Unhas dan program studi untuk lebih baik.

Mewakili para Assesor AUN-QA, Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University) menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Unhas yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan dalam melakukan asesmen. Meskipun dilaksanakan secara online, akan tetapi rangkaian kegiatan sesuai dengan prosedur untuk menjamin kualitas proses.

Sebanyak empat prodi yang akan menjalani asesmen adalah: Prodi S1 Hukum Administrasi Negara (Fakultas Hukum), Prodi S1 Sastra Prancis (Fakultas Ilmu Budaya), Prodi S1 Ilmu Pemerintahan dan Prodi S1 Antropologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Proses asesmen dijadwalkan berlangsung hingga Jumat (17/06).

Baca Juga : IOH Masuk Kampus Kampanyekan Anti Hate Speech Lewat Kompetisi dan Festival Film Pendek SOS 2023

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 9 delegasi AUN-QA, yaitu:

1. Prof. Dr. Myrna S. Austria (De La Salle University)

2. Asst. Prof. Dr. Attachai Ueranantasun (Prince of Songkla University)

Baca Juga : Launching Kerjasama BUPK Polbangtan Gowa dan UNHAS, Mentan Ajak Mahasiswa Masuk Bisnis Pertanian

3. Prof. Dr. Arnel Onesimo O. Uy (De La Salle University)

4. Dr. Nguyen Truong Sa (Industrial University of Ho Chi Minh City)

5. Dr. Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City)

Baca Juga : Ditjen KI Tandatangan Nota Kesepahaman dengan UNHAS Bangun SDM Kemenkumham

6. Prof. Dr. Nina M. Cadiz (University of the Philippines Los Banos)

7. Dr. Nguyen Quoc Chinh (Viet Nam National University, Ho Chi Minh City)

8. Prof. Cenon R. Alfonso, MD (Ateneo de Manila University)

Baca Juga : Ditjen KI Tandatangan Nota Kesepahaman dengan UNHAS Bangun SDM Kemenkumham

9. Ms. Worapanit Wongsaprom (Quality Assurance Officer)

 

#unhas #Perguruan Tinggi #program studi