Kamis, 09 Juni 2022 10:00

Wali Kota di Meksiko Tewas Ditembak, Pembunuhan Wali Kota Ke-94 sejak 2000

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Teopisca, Ruben de Jesus Valdez Diaz. (Foto: El Deber)
Wali Kota Teopisca, Ruben de Jesus Valdez Diaz. (Foto: El Deber)

Konsultan Etellekt menulis di Twitter bahwa "17 wali kota telah dibunuh" di Meksiko sejak Desember 2018 ketika Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjabat.

RAKYATKU.COM - Wali Kota Teopisca, Ruben de Jesus Valdez Diaz, tewas ditembak orang tak dikenal. Jaksa setempat menyebut Valdez merupakan pejabat ke-94 yang dibunuh di Meksiko sejak 2000.

Dilansir AFP, Kamis (9/6/2022), berdasarkan laporan resmi jaksa, Valdez diserang penembak dengan sepeda motor. Ia diserang saat meninggalkan rumahnya menggunakan mobil.

Kelompok bersenjata yang belum diketahui identitasnya tiba di kota itu setelah pembunuhan terjadi. Kelompok itu juga menggeledah rumah-rumah.

Baca Juga : Hasil Piala Dunia: Argentina Kalahkan Meksiko, Messi Cetak Satu Gol

Pembunuhan terjadi hanya dua pekan usai video beredar di media sosial tentang kelompok bersenjata lain yang dicurigai memiliki hubungan perdagangan narkoba. Mereka diketahui mengintai kota yang sama.

Jaksa penuntut umum mengumumkan pembukaan penyelidikan atas kematian wali kota Valdez.

Konsultan Etellekt menulis di Twitter bahwa "17 wali kota telah dibunuh" di Meksiko sejak Desember 2018 ketika Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjabat. Etellekt mengatakan telah terjadi 94 pembunuhan wali kota sejak 2000.

Baca Juga : Argentina vs Meksiko Berakhir Imbang di Babak Pertama

Valdez telah menjabat sebagai Wali Kota Teopisca sejak Juni 2021. (*)

#Meksiko #pembunuhan