Rabu, 08 Juni 2022 13:34

Dinsos Barru Manfaatkan Rumah Singgah Tangani ODJG

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Dinas Sosial Barru, Wahyuddin Suyuti.
Sekretaris Dinas Sosial Barru, Wahyuddin Suyuti.

Di Rumah Singgah itu, ODGJ diberikan pelayanan seperti kesehatan, dirapikan kebersihannya--dengan catatan ODGJ tidak membahayakan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Barru melaporkan sejak dua bulan terakhir sudah mengevakuasi tujuh Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Beberapa di antaranya ODGJ yang kerap berkeliaran telanjang di sektor kota Kecamatan Barru yang meresahkan warga.

Sekretaris Dinas Sosial Barru, Wahyuddin Suyuti, mengatakan para ODGJ tersebut sebagian kini telah dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Makassar, sebagian lagi telah diambil keluarganya.

Dalam penanganan awal setiap ODGJ ini, Wahyuddin menjelaskan alur tindakan yang dilakukan. Pertama, mengevakuasi ODGJ di lapangan, kemudian membawa ke Rumah Singgah Dinsos.

Baca Juga : Duka Mendalam Pemkab Barru, Bupati Lepas Jenazah Almarhum Kadis Dukcapil

Di Rumah Singgah itu, ODGJ diberikan pelayanan seperti kesehatan, dirapikan kebersihannya--dengan catatan ODGJ tidak membahayakan. Para ODGJ ini juga diasesmen penelusuran rekam jejaknya.

Dinsos bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk perekaman biometrik. Gunanya untuk menggali indentitas sesuai data kependudukan, sebelum akhirnya dipulangkan ke keluarga atau dirujuk ke RSJ.

Semua layanan dan fasilitas ini adalah komitmen pelayanan dari Dinas Sosial Barru. "Rumah Singgah Dinas Sosial ini menjadi salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Barru dalam menangani masalah sosial," kata Wahyuddin, Rabu (8/6/2022). (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Dinas Sosial Barru #Pemkab Barru