Minggu, 05 Juni 2022 21:55

Yayasan Hadji Kalla Cetak Wirausaha Baru Lewat Program Yatim Piatu Berdaya

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yayasan Hadji Kalla Cetak Wirausaha Baru Lewat Program Yatim Piatu Berdaya

YUK bekerjasama dengan BLK Makassar memberikan pelatihan kepada anak-anak yatim piatu untuk meningkatkan skill

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Yayasan Hadji Kalla (YHK) melalui Bidang Educare telah menaruh banyak perhatian terhadap isu pendidikan vokasi yang punya persentase penyerapan tenaga kerja yang cukup tinggi setiap tahunnya. Salah satu program Yayasan Hadji Kalla di bidang tersebut adalah Program Yatim Piatu Berdaya yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Makassar.

Selain memberikan program pelatihan, YHK juga memberikan bantuan peralatan wirausaha kepada para peserta pelatihan terpilih dari kelompok yatim piatu tersebut. Bantuannya pun beragam, mulai dari usaha salon, bengkel, servis elektronik hingga usaha catering.

“Bantuan ini adalah bentuk keseriusan Yayasan Hadji Kalla dalam mendukung perubahan ke arah yang lebih baik untuk para penerima bantuan Yatim Piatu Berdaya. Kita tidak mau ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan hilang begitu saja tanpa bisa diaplikasikan. Sehingga kami memutuskan untuk memberikan bantuan peralatan wirausaha yang bisa memberikan stimulus kepada para penerima manfaat agar bisa memulai usahanya masing-masing,” ungkap Suharto Parai, Manager Bidang Educare YHK, Minggu (5/6/2022).

Ia mencontohkan, bantuan peralatan yang baru saja disalurkan secara simbolis kepada 19 orang alumni Program Yatim Piatu berdaya yang sebelumnya telah menjalani pelatihan di Pusat Diklat BLK Makassar. Bantuan diserahkan langsung oleh kepada para penerima manfaat di Aula Syech Yusuf BLK, Jl. Taman Makam Pahlawan, Kota Makassar, Kamis (2/6/2022) lalu.

“Bantuan peralatan ini kita lakukan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan, mengingat ada beberapa alat bantuan yang punya volume cukup besar. Penyerahan bantuan ini kita pusatkan nanti di Hotel Sahid Jaya Makassar. Sementara nilai bantuan untuk masing-masing penerima manfaat bermacam-macam, ada yang nilainya Rp2 juta hingga Rp15 juta bergantung pada bidang usaha yang dipilih”, sebut Suharto.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala BLK Makassar, Fitroh Hanrahmawan mengapresiasi YHK karena telah menjadi lembaga pertama di Makassar yang tak hanya bersinergi dalam program pelatihan, namun juga memberikan bantuan peralatan wirausaha. Menurutnya, YHK betul-betul memberikan kontribusi yang nyata dalam program ini.

“Semoga kedepannya semakin banyak lembaga lain yang mengambil inisiatif yang sama. Kami juga menaruh harapan besar kepada para alumni program ini supaya bisa menjadi inspirasi untuk angkatan-angkatan pelatihan berikutnya,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya, YHK bekerjasama dengan BLK Makassar memberikan pelatihan kepada anak-anak dari golongan yatim piatu untuk bisa meningkatkan skill dan kemampuannya di bidang wirausaha. Sebanyak 19 orang menjalani pelatihan selama 16 pekan di BLK Makassar dengan berbagai jenis pelatihan. Melalui program ini, diharapkan para penerima manfaat bisa memulai usahanya secara mandiri dan dapat memberikan dampak perubahan secara ekonomi maupun sosial.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Yayasan Hadji Kalla, masyarakat dapat berkunjung ke Instagram, Facebook dan Twitter dengan nama akun @yayasankalla. Dapat pula mengunjungi website resmi di www.yayasanhadjikalla.co.id atau menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103.(*)

Penulis : Lisa Emilda