Senin, 06 Juni 2022 19:04

Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX, Ini Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki (tengah)
Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki (tengah)

Dengan keunggulan coverage terluas dan memiliki akses terbesar di Indonesia, neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis ke depannya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Sejalan dengan tingginya kebutuhan internet dan produk digital oleh masyarakat di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terdorong untuk mengakomodasi terwujudnya ekosistem digital salah satunya melalui data center neuCentrIX.

neuCentrIX merupakan inisiatif TelkomGroup dalam melayani market wholesale industri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center.

Dengan keunggulan coverage terluas dan memiliki akses terbesar di Indonesia, neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis ke depannya.

Baca Juga : Investasi TLKM di GOTO Hasilkan Untung hingga Rp949 Miliar

Hal itu disampaikan Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki di Hotel Teraskita Makassar Jl. AP Pettarani No.88, Senin (6/6/2022).

Agus Yudha menjelaskan neuCentrIX adalah merupakan data center yang terkoneksi dengan network Telkom maupun operator lain baik domestik maupun global.

Dengan begitu, kata dia, content provider domestik yang menggunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dapat merasakan manfaat akses global.

Baca Juga : Rekrutmen Bersama BUMN, Telkom Buka 11 Bidang Pekerjaan untuk 250 Posisi

Selain itu, Agus Yudha juga membeberkan keuntungan yang ditawarkan dari pemanfaatan data Center neuCentrIX mulai dari layanan Colocation, Connectivity, Cloud, dan Content Delivery Network Service (CDNS).

Sponsored by MGID

Agus Yudha menyebut kondisi pandemi yang berlangsung sejak dua tahun lalu membuat banyak perubahan dalam cara berbisnis.

Sejak awal pandemi, ada delapan sektor industri yang menjadi sorotan, yaitu e-commerce, makanan, pengiriman, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, dan teknologi pendidikan.

Baca Juga : Disney+ Hotstar Kini dapat Diakses di STB IndiHome TV

Banyak bisnis yang kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena mampu menghadapi perubahan.

Namun, satu hal yang pasti, bisnis apapun di masa sekarang dapat tetap relevan karena mengandalkan infrastruktur digital, termasuk data center.

“Service Data Center Colocation, seperti yang disediakan pada neuCentrIX membuat pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah dan memungkinkan perusahaan untuk mendapat layanan terbaik serta mengurangi biaya dibanding dengan mengelola data center sendiri,” ungkapnya.

Baca Juga : Fokus Pada Pengembangan Karier Karyawan, Telkom Puncaki Peringkat Top Companies 2022

Lebih lanjut dia menuturkan, ada dua efisiensi yang didapatkan dari penggunaan layanan colocation, yakni efisiensi finansial dan operasional.

Perusahaan tidak perlu memiliki fasilitas di lokasi sendiri untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pusat data. neuCentrIX akan memberi ruang, peralatan, daya, pendinginan, keamanan, dan konektivitas yang diperlukan untuk operasi bisnis.

Untuk itu Agus Yudha berharap data center neuCentrIX ini dapat mengakomodasi kebutuhan produk colocation, connectivity, cloud, dan produk digital untuk pemerintahan, Internet Service Provider (ISP), dan para start-up.

Baca Juga : Program TJSL Telkom Raih Penghargaan Terbaik dari Kementerian BUMN

Dan diharapkan neuCentrIX Mattoanging di Makassar dan neuCentrIX Paniki di Manado menjadi meeting point bagi para pelaku digital diKTI sehingga mewujudkan Indonesia sebagai Global Digital Hub.

Sementara itu, Deputy Executive Vice President Bidang Infrastruktur Telkom Regional 7 Muhamat Arif Wibowo yakin neuCentrIX ini akan bermanfaat sekali.

Tidak hanya profesional IT dalam memperoleh pengetahuan terbaru mengenai teknologi cloud dan data center, namun juga menambah wawasan mengenai perkembangan cloud dan data center di Indonesia.

Baca Juga : Program TJSL Telkom Raih Penghargaan Terbaik dari Kementerian BUMN

Saat ini menurut Arif, neuCentriX terdapat di 18 lokasi, 3 kota di Kalimantan, 2 kota di KTI, 2 kota di Sumatera, 5 kota di Jawa, dan 1 di Denpasar.

neuCentrIX Mattoangin yang terletak di Jalan Kakatua Makassar ini merupakan data center yang berkapasitas 50 Full Rack, 15 Sub Rack dan terstandarisasi Tier-2 di mana service level assurance yang dijaminkan memiliki downtime kurang dari 22 jam dalam satu tahun.

Selain itu, neuCentrIX Mattoangin juga sudah memiliki ISO 27001 ISMS (Information Security Management System) Certification sebagai jaminan untuk keamanan data bisnis yang berstandar internasional dalam mengelola risiko keamanan informasi dengan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

Baca Juga : Program TJSL Telkom Raih Penghargaan Terbaik dari Kementerian BUMN

Silaturahmi dengan media partner ini, Executive Vice President Telkom Regional 7 juga didampingi oleh Deputy Executive Vice President Bidang Infrastruktur, Muhamat Arif Wibowo , Operation Senior Manager Regional Wholesale, Hamka Karim, dan Andreriadi Managed Service Operation. (*)

#Telkom #neuCentrIX