Jumat, 03 Juni 2022 21:58

Terima Kunjungan KPU, Ketua DPRD Makassar: Pemilu Harus Sehat, Damai, dan Adil

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo dan Ketua KPU Makassar Farid Wajdi
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo dan Ketua KPU Makassar Farid Wajdi

"Jadi satu rumah dengan banyak KK didalamnya hal yang biasa, tapi yang aneh jika pemilik rumah sesungguhnya tidak tahu ada KK selain dirinya. Ini kami anggap fiktif"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo menerima kunjungan silaturahmi Komisioner KPU Makassar di Gedung DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani, Jumat 3/6/2022.

Ketua KPU Makassar Farid Wadji didampingi oleh Komisioner KPU lainnya yakni Romy Harminto dan Gunawan Mashar. Pertemuan tersebut untuk membahas data pemilih 2024 mendatang.

"Banyak hal yang harus dibenahi bersama dengan KPU, Legislatif dan Eksekutif, diantaranya tentang data daftar pemilih tetap (DPT) yang selalu tidak selaras yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Capil (Dukcapil) dengan KPU Makassar," kata Rudianto Lallo.

Baca Juga : Sekwan Makassar Salurkan Dana Hibah Pemkot di Masjid Besar Al Amin

Legislator partai Nasdem ini mengatakan Pemilu di Makassar harus berjalan sehat, damai dan adil. Olehnya itu hal yang paling utama dibenahi oleh pemerintah dan penyelenggara Pemilu adalah data. Perbedaan data dianggap dapat merusak jalannya demokrasi.

"Kami inginkan KPU dan Dukcapil sejalan. Datanya selaras, bukan ada yang datanya 1 juta pemilih ada yang kurang. tentunya ini akan menjadi pertanyaan dan dapat menimbulkan konflik jika dibiarkan larut," ujar Rudianto Lallo yang menjadi legislator selama dua periode di Makassar.

Sementara itu, Ketua KPU Makassar Farid Wadji mengatakan hingga saat ini data KPU dengan Dukcapil masih berbeda. Keterlibatan DPRD sangat diharapkan untuk menjadi jembatan agar komunikasi dapat berjalan baik.

Baca Juga : Rudianto Lallo Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum, Berlaku untuk Kasus Pidana

"Kita harapkan sinergitas KPU, Dukcapil maksimal. Jujur saya sampaikan ada banyak data yang kami miliki penduduknya tidak di Makassar, bahkan tidak pernah ada. Hal kecil seperti ini mesti dilakukan rembuk bersama," kata Farid.

Farid menceritakan sejumlah pengalaman aneh saat mendata warga. Disebutkan beberapa rumah telah memiliki 5-6 kartu keluarga (KK) didalamnya, tetapi pemilik rumah yang sesungguhnya tidak tahu menahu soal warga yang tercatat itu.

"Jadi satu rumah dengan banyak KK didalamnya hal yang biasa, tapi yang aneh jika pemilik rumah sesungguhnya tidak tahu ada KK selain dirinya. Ini kami anggap fiktif. Harus didiskusikan bersama dan kasus ini banyak di Makassar," ujarnya.

Baca Juga : DPRD Makassar Sampaikan Dukungan Pada HUT Satpol PP dan Satlinmas

Pihaknya juga sering menemukan warga yang sudah meninggal puluhan tahun lalu tetapi masih terdaftar sebagai pemilih tetap. Dimana disebutkan kasusnya hampir merata di seluruh kelurahan di Kota Makassar.

"Jadi data orang mati itu tidak terlapor, sehingga jika tidak didata dengan baik, maka ini mempengaruhi daftar pemilih tetap, lagi-lagi hal ini kami ingin tuntaskan," cetusnya.

#DPRD Kota Makassar #Rudianto Lallo #nasdem #kpu makassar