Rabu, 01 Juni 2022 16:46

Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Makassar Ajak Warga Terapkan Nilai-nilai Pancasila

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Makassar Ajak Warga Terapkan Nilai-nilai Pancasila

"Terapkan dalam diri pribadi terlebih dahulu lalu ke masyarakat"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hari lahir Pancasila serentak digelar 1Juni. Ini untuk mengenang kembali perjuangan Bapak Presiden Indonesia yang pertama Sukarno Hatta dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Peringatan hari lahir Pancasila dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di dampingi ibu negara Iriana Widodo. Peringatan hari Pancasila digelar di NTT, tempat Bung Karno merumuskan pancasila. Sejumlah kepala daerah se-Indonesia mengikuti rangkaian upacara secara virtual.

Seperti halnya Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi yang juga turut hadir dalam peringatan upacara hari pancasila di Kediaman Pribadi Danny Pomanto Jalan Amirullah Makassar, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk membumikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Mari kita bumikan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nilai-nilai pancasila mengandung banyak arti dan menjadi dasar negara juga kekuatan dalam menghadapi tantangan dunia," kata Presiden Jokowi.

Menyikapi arahan tersebut, Danny Pomanto mengaku penerapan pancasila dapat di mulai dari diri sendiri.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

“Semua nilai pancasila mengandung makna. Terapkan dalam diri pribadi terlebih dahulu lalu ke masyarakat. Untuk Pemerintah Kota Makassar sejumlah program Danny-Fatma menyiratkan simbol pancasila. Jadi saya minta untuk warga Makassar mari kita bumikan pancasila," pintanya.

#pemkot makassar #danny pomanto #Fatmawati Rusdi