Senin, 30 Mei 2022 17:03

Sosok Andi Rudiyanto Asapa di Mata Nurdin Halid: Pejuang Hukum yang Merakyat

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Rudiyanto Asapa
Andi Rudiyanto Asapa

"Beliau sosok yang jadi panutan dalam memperjuangkan rakyat kecil," ungkap Nurdin Halid.

RAKYATKU.COM -- Sosoknya sederhana. Tegas dalam bertindak. Mendahulukan kepentingan rakyat kecil. Dan, komitmen pada aturan hukum.

Dalam pergaulan, murah senyum. Menjaga pertemanan. Dan, selalu membantu.

Itulah gambaran sosok pejuang hukum semasa hidupnya; Andi Rudianto Asapa di mata Nurdin Halid.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Kak Rudi,--demikian ia akrab disapa-- telah pergi untuk selama-lamanya. Ia wafat di Tanah Suci, Makkah, Senin (30/5/2022) sore.

Kak Rudi, meninggal karena sakit. Mantan bupati Sinjai dua periode ini, mengembuskan napas terakhirnya di RS Annur, Makkah.

Tokoh asal Sulsel, Nurdin Halid pun tak kuasa menahan kesedihan. Nurdin yang juga pengurus elite pusat Partai Golkar, mengungkapkan rasa duka yang mendalam.

Baca Juga : Turut Berbelasungkawa, Pj Gubernur Sulsel Silaturahmi ke Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Nurdin Halid mengurai, ia mengenal sosok Rudianto Asapa jauh sebelum jadi besan. "Beliau adalah sosok yang peduli kepada rakyat kecil dalam bidang hukum. Beliau pejuang hukumlah," tegasnya, dengan suara serak.

Nurdin Halid menambahkan, sejak dahulu, ia sudah sering berinteraksi dengan Rudianto Asapa. Bahkan, aktivis hukum yang juga pengacara ini, sudah sering diskusi saat masih di Puskud, dulu.

"Beliau sering memberikan masukan terkait bagaimana memperjuangkan rakyat kecil. Saat itu, petani cengkeh. Dan, betul-betul, beliau sangat komitmen," tambahnya.

Baca Juga : Jenazah Hasnah Syam Disambut Ribuan Warga Saat Tiba di Barru

Nurdin Halid bahkan mengagumi sosok Rudi saat menjadi penasihat PSM, dulu. "Saat saya diamanahkan memimpin PSM Makassar, beliau penasihat hukum. Dan, beliau, tidak pernah mengambil gajinya," kata Nurdin Halid, mengenang kebaikan almarhum Rudianto.

Tak hanya itu. Kata Nurdin Halid, saat memimpin Sinjai selama dua periode, Rudianto Asapa juga sangat dekat dengan rakyat. "Beliau sosok yang jadi panutan dalam memperjuangkan rakyat kecil," tambah Nurdin Halid, meyakinkan.

Tak ayal memang, kabar wafatnya Andi Rudianto Asapa ini, bak kabut hitam bagi Nurdin Halid. Untuk itu, Nurdin sebagai besan, meminta masyarakat Sulsel, dan Sinjai pada khususnya, mendoakan Andi Rudianto Asapa agar mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Baca Juga : Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa Ditemukan Meninggal Dunia

"Secara khusus, saya juga meminta, jika ada utang almarhum yang terlupa, tolong ya...Tolong sekali untuk menghubungi keluarga. Juga, bisa langsung kepada saya," pintanya, penuh harap.

Kepergian pejuang hukum: Andi Rudianto Asapa, memang menjadi informasi viral. Grup medsos, bahkan ramai mengabarkannya. Sejumlah, grup WA, sangat ramai yang memuat foto kepergian sosok murah senyum ini.

#Nurdin Halid #Andi Rudiyanto Asapa #meninggal dunia #Mantan Bupati Sinjai