Senin, 30 Mei 2022 15:04

Polsek Rappocini Digugat, Pengacara Tersangka Dugaan Penganiayaan Yakin Praperadilannya Diterima

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Proses sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Makassar, Senin 30/5/2022.
Proses sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Makassar, Senin 30/5/2022.

"Kami sangat berharap hakim praperadilan mempertimbangkan permohonan kami dan memberikan putusan yang adil kepada klien kami"

RAKYATKU.COM - Sidang gugatan praperadilan yang diajukan oleh Tim Penasehat Hukum (PH) tersangka awal digelarnya MF di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (30/5/2022). Praperadilan tersebut terkait penetapan dugaan dugaan oleh pihak Polsek Rappocini, Polrestabes Makassar.

Sidang yang dipimpin oleh hakim tunggal, Sutisna dengan dihadiri Tim Penasehat Hukum tersangka dari Kantor Hukum Firma Hukum Farid Mamma dan pihak Polsek Rappocini diwakili Tim Bidang Hukum (Bidkum) Polrestabes Makassar.

Dalam materi praperadilan yang dibacakan tim hukum hukum, tidak akan mempersoalkan proses penangkapan, penahanan dan penetapan tersangka terhadap MF oleh penyidik Polsek Rappocini.

Baca Juga : Polda Sulsel Siapkan Pengawasan Ketat Distribusi BBM Jelang Lebaran

"Kita mulai dari proses penyelidikan, penangkapan, penangkapan, hingga penyitaan barang bukti pelanggaran ketentuan KUHAP," kata Farid Mamma, Ketua Tim PH tersangka MF.

dan menuntut ganti rugi yang dialami tersangka serta merehabilitasi nama kliennya. Dengan proses praperadilan ini, berharap mendapatkan keadilan.

"Kami sangat berharap hakim praperadilan mempertimbangkan untuk memberikan putusan yang adil kepada klien kami. Sejak awal kami yakin praperadilan kami sangat mendasar dan akan diterima oleh hakim," tambah Farid Mamma.

Baca Juga : Angka Kriminalitas di Makassar Turun, Kapolrestabes Makassar: Mari Bersama Jaga Makassar

Dalam persidangan, Hakim Sutisna memberikan kesempatan kepada pihak Tim Bidkum Polrestabes Makassar mewakili Polsek Rappocini Makassar untuk menanggapi materi praperadilan yang dibacakan pengacara tersangka tersebut.

"Kami akan memberikan jawaban pada sidang berikutnya," singkat salah satu anggota Tim Bidkum Polrestabes Makassar dalam persidangan.

Terkait kasus yang dialami oleh MF (18), selain proses praperadilan Tim Penasehat Hukumnya juga mengadukan petugas penyidik Polsek Rappocini Makassar ke Polda Sulsel pada Kamis 27 April 2022 lalu.

Baca Juga : Polrestabes Makassar Serahkan Sembako untuk Kaum Nasrani

Alfiansyah, salah satu anggota Kantor Hukum Firma Hukum Farid Mamma mengatakan bahwa barang bukti yang disita oleh Penyidik Polsek Rappocini berupa Helm merek dan pakaian milik kliennya tidak sesuai dengan yang ada di rekaman CCTV yang dijadikan dasar oleh Penyidik Polsek Rappocini.

"Berdasarkan hasil rekaman CCTV yang beredar, klien kami dan pelaku lainnya tidak memiliki kendaraan bermotor warna merah dan putih yang dijadikan dasar penangkapan," ungkap Alfiansyah Farid.

Lain mengadukan beberapa oknum Penyidik Polsek Rappocini ke Kapolda Sulsel karena pada saat kliennya MF ditahan baru diberikan beberapa lembar surat, antara lain Surat Pemberitahuan dimulainya Penyidikan Nomor : AC / 49 / III / Res.1.6 / 2022 / Reskrim tertanggal 28 Maret 2021, Surat Perintah Penahanan Nomor : SP.Han / 43 / III / Res.1.6 / 2022 / Reskrim tertanggal 29 Maret 2022, Surat Perintah Penangkapan Nomor : SP. Kap / 77 / III / Res.1.6 / 2022 / Reskrim yang dikosongkan pada format tanggal dikeluarkan surat serta Surat Perpanjangan Penahanan Nomor: 117 / P.4.10 / EKU.1 / 04 / 2022 tertanggal 11 April 2022.

Baca Juga : Program Pajama Barakka Tekan Terjadi Perang Kelompok

"Sebelumnya terduga terduga pelaku lainnya EX dan ditahan bersama klien kami MF serta seorang lainnya terduga pelaku. Namun kejadian kurang lebih dua pekan, penyelidikan mengungkap tersangka EX dengan dalih tidak terbukti," jelas Alfiansyah.

Alasan lain pengaduan ke Polda Sulsel karena diduga dipaksa untuk memperagakan keterangan BAP kliennya saat rekonstruksi. Di mana pada saat dilakukan rekonstruksi MF dan pelaku lainnya telah mengatakan jika keterangan dalam BAP tersebut dibuat karena tidak tahan dengan dugaan yang dilakukan oleh penyidik.

"Selanjutnya klien kami MF menunjuk salah satu Penyidik Polsek Rappocini yang terlupakan melakukan. Oknum Penyidik mengakui perbuatannya dan disaksikan serta didengar oleh salah satu kuasa hukum pelaku dalam perkara a quo ini," jelas Alfiansyah.

Baca Juga : Perampok Rumah Mewah Ditangkap Unit Jatanras Polrestabes Makassar

Sementara itu, Kapolsek Rappocini, Kompol Amrin membenarkan gugatan praperadilan tersebut. Ia mengatakan saat ini telah diserahkan ke bidang hukum Polrestabes Makassar.

 "Sudah dikuasakan di sie hukum Polrestabes Makassar," katanya.

Sementara itu, perihal penangkapan, barang bukti dan penetapan tersangka yang dianggap tidak sesuai dengan prosedur hukum oleh pengacara tersangka, Kompol Amrin enggan menanggapi.

Baca Juga : Perampok Rumah Mewah Ditangkap Unit Jatanras Polrestabes Makassar

"Perkembangan kita hubungi sie hukum Polres," singkat Kompol Amrin.

#Sidang Praperadilan #polsek rappocini #polrestabes makassar #Polda Sulsel