Jumat, 27 Mei 2022 13:44

Penutupan Latihan Regional Marpolex 2022, Danny Pomanto: Terima Kasih Telah Memilih Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kiri), menghadiri penutupan Regional Marpolex 2022, Jumat (27/5/2022).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kiri), menghadiri penutupan Regional Marpolex 2022, Jumat (27/5/2022).

Menjadi lokasi pelaksanaan Regional Marpolex 2022, posisi Makassar memang strategis sebagai gerbang Indonesia bagian timur dengan kegiatan lalu lintas pelayaran yang sibuk.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), mengajak personel Philippine Coast Guard dan Japan Coast Guard serta seluruh partisipan Regional Marpolex 2022 untuk menikmati keindahan Kota Makassar sebelum kembali ke daerah asal.

Danny Pomanto menyampaikan itu, Jumat (27/5/2022), saat penutupan latihan bersama penanggulangan tumpahan minyak di laut secara regional atau Regional Marpolex 2022 yang dipusatkan di Selat Makassar.

"Kami menyampaikan apresiasi terhadap partisipan dan tamu yang menghadiri Marpolex 2022. Makassar menyediakan banyak pilihan kuliner yang harus dicoba dan banyak tempat yang wajib dikunjungi," ujar Danny Pomanto.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Dalam kesempatan itu, Danny Pomanto juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta penyelenggara Marpolex yang telah memercayakan Makassar sebagai lokasi latihan.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan apresiasi kepada kementerian dan institusi yang mendukung Makassar sebagai lokasi untuk internasional event seperti ini," tuturnya.

Pemilihan perairan Makassar sebagai lokasi pelatihan, kata Danny Pomanto, dinilai sangat tepat. Alasannya, posisi Makassar yang strategis sebagai gerbang Indonesia bagian timur dengan kegiatan lalu lintas pelayaran yang sibuk.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Selain itu, areal lokasi latihan berhubungan langsung dengan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) II Selat Makassar yang menjadi jalur pelayaran internasional serta tingginya intensitas kegiatan pelayaran dan kegiatan migas.

"Acara ini sangat penting bagi kami sebagai area laut di Sulawesi Selatan, yang mana sangat sibuk dengan lalu lintas laut baik nasional maupun internasional. Makassar sangat strategis sebab sejak dulu dikenal gerbang ekonomi bagian timur Indonesia," jelasnya.

Regional Marpolex 2022 yang berlangsung sejak 24 Mei 2022 lalu ini ditutup dengan penurunan tiga bendera yang menjadi partisipan, yakni Filipina, Jepang, dan Indonesia. (*)

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Regional Marpolex 2022