Jumat, 27 Mei 2022 09:25

Presiden Putin Senang Perusahaan Asing Pergi dari Rusia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Profil Vladimir Putin, yang ingin menjadi Presiden Rusia hingga 2038 (cdni.rbth.com)
Profil Vladimir Putin, yang ingin menjadi Presiden Rusia hingga 2038 (cdni.rbth.com)

"Kadang-kadang ketika Anda melihat mereka pergi - terima kasih Tuhan, mungkin? Kami akan menempati tempat mereka dengan bisnis kami, produksi kami"

RAKYATKU.COM - Keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk melakukan operasi militer khusus di Ukraina ditentang oleh Amerika Serikat dan sekutunya di Barat. Akibatnya, Rusia pun akhirnya dihujani sanksi. Bahkan beberapa perusahaan asing telah minggat dari negara itu.

Invasi ke Ukraina membuat negara-negara Barat menarik diri dari Rusia sebagai hukuman, mulai dari BP hingga McDonald's Corp - telah keluar tepat ketika ekonomi Rusia menghadapi kontraksi terburuk bertahun-tahun setelah gejolak keruntuhan Soviet.

Namun ternyata, Vladimir Putin justru mengaku senang. Ia mengatakan hal tersebut akan membuat bisnis dalam negeri menggantikan mereka.

Baca Juga : AS Kirim VAMPIRE ke Ukraina 

"Kadang-kadang ketika Anda melihat mereka pergi - terima kasih Tuhan, mungkin? Kami akan menempati tempat mereka dengan bisnis kami, produksi kami - itu telah berkembang, dan itu akan dengan aman duduk di tanah yang disiapkan oleh mitra kami," kata Putin, Kamis (26/5).

Tak hanya itu, Putin juga memperingatkan Barat bahwa Moskow masih akan menemukan cara untuk memperoleh teknologi canggih dan barang-barang mewah.

Putin menyebut invasi ke Ukraina sebagai titik balik dalam sejarah Rusia: Pemberontakan Moskow melawan Amerika Serikat, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet pada 1991.

Baca Juga : Penembakan Massal Terjadi di Berbagai Kota AS, Lebih dari 12 Orang Tewas

Berbicara melalui tautan video kepada para pemimpin negara-negara bekas Soviet, Putin menyindir barang mewah, seperti Mercedes masih akan tersedia, meskipun ia mengakui harganya akan lebih mahal.

"Ini akan sedikit lebih mahal. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa mereka akan membawanya (Mercedes 600s) dari mana saja, dari negara mana pun," ucapnya seperti dikutip Reuters.

Putin mengatakan Rusia masih membutuhkan akses ke teknologi maju dari ekonomi maju.

Baca Juga : Kremlin Tuduh AS Terlibat dalam Dugaan Upaya Pembunuhan Putin

Dia tidak merinci cara Rusia akan mempertahankan akses ke komponen dan perangkat lunak barat. Namun, ia berjanji upaya Barat untuk mengisolasi Rusia akan gagal.

Putin mengatakan negara-negara maju sedang bergulat dengan spiral inflasi, rantai pasokan yang rusak, dan krisis pangan tepat ketika pusat kekuatan ekonomi global telah pindah ke Asia.

"Kami tidak akan memisahkan diri dari ini - mereka ingin memeras kami sedikit, tetapi di dunia modern ini tidak realistis, tidak mungkin."

Baca Juga : Kolombia Usir Tokoh Oposisi Venezuela yang Didukung AS

Sumber : CNN Indonesia

#vladimir putin #Rusia vs Ukraina #Amerika Serikat