Kamis, 26 Mei 2022 16:10

Lantamal VL Kawal Latihan Regional Marpolex 2022 di Selat Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Latihan Regional Marpolex 2022 di wilayah perairan Kota Makassar, Kamis (26/5/2022).
Latihan Regional Marpolex 2022 di wilayah perairan Kota Makassar, Kamis (26/5/2022).

Komandan KAL Suluh Pari II-6-60, Kapten Laut (P) Sahiadam, mengatakan kapal perang yang dikomandani dirinya ikut berpartisipasi dalam Regional Marpolex 2022 dalam hal pengawalan selama kegiatan berlangsung di wilayah perairan Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menurunkan unsur KAL Suluh Pari II-6-60 untuk mengawal kegiatan latihan Regional Marpolex 2022 di wilayah perairan Kota Makassar, Kamis (26/5/2022).

Latihan Regional Marpolex 2022 ini melibatkan tiga unsur Kapal Penjaga Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yaitu dari Indonesian Coast Guard, Philippine Coast Guard (PCG), dan Japan Coast Guard (JCG).

Menurut Komandan KAL Suluh Pari II-6-60, Kapten Laut (P) Sahiadam, kapal perang yang dikomandani dirinya ini ikut berpartisipasi dalam Regional Marpolex 2022 dalam hal pengawalan selama kegiatan berlangsung di wilayah perairan Makassar.

Baca Juga : Peduli Kebersihan, Danlantamal VI Pimpin Bersih-Bersih Pantai

"Tugas kami di kegiatan Marpolex ini, selain untuk pengawalan, juga untuk mengamankan wilayah sekitar perairan Kota Makassar, yang menjadi titik koordinat tempat latihan Search and Rescue (SAR) dan Fire Fighting. Serta upaya penanggulangan tumpahan minyak di laut yang melibatkan unsur perwakilan Coast Guard dari tiga negara yaitu Indonesia, Filipina, dan Jepang," bebernya.

"Mengamankan dalam artian menetralisir wilayah perairan yang menjadi tempat selama kegiatan berlangsung dari unsur yang bukan peserta Regional Marpolex 2022 ini," imbuhnya. (*)

#Lantamal VI Makassar #Regional Marpolex 2022