Kamis, 26 Mei 2022 08:57

Kurangi Dampak Banjir, Pemprov Sulsel Bangun Tanggul Sungai Allu di Jeneponto

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembangunan diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dari luapan Sungai Allu.
Pembangunan diharapkan dapat mengurangi dampak banjir dari luapan Sungai Allu.

Pekerjaan bangunan tanggul sungai ini sepanjang 379 meter dengan tinggi bangunan 1,3 meter.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masyarakat Kabupaten Jeneponto menyambut baik pembangunan tanggul Sungai Allu di Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala, oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel).

Salah seorang tokoh masyarakat di Jeneponto, Faharuddin Bundu, berharap pembangunan tanggul ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat dalam mengurangi dampak banjir dari luapan Sungai Allu.

"Pertama-tama, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, atas dibangunnya tanggul di Lingkungan Sawitto, di Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala,” ungkapnya, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Ia pun bercerita bahwa tiap musim hujan, luapan air dari Sungai Allu biasanya menyebabkan banjir di permukiman warga di daerah Bangkala.

“Kami masyarakat di Bangkala berharap dengan adanya pembangunan tanggul ini bisa mengurangi dampak banjir dari luapan Sungai Allu jika musim hujan. Karena kasihan, kami selalu kebanjiran kalau hujan,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menuturkan pembangunan tanggul Sungai Allu sementara proses oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

“Sedang progres pengerjaan tanggul Sungai Allu di Kelurahan Pallengu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Pengerjaan tahun ini untuk menambah tanggul agar ketika Sungai Allu meluap, kita bisa mengurangi dampak terjadinya banjir di daratan,” jelasnya.

Andi Sudirman berharap dengan dukungan bersama-sama masyarakat akan dapat memudahkan dan melancarkan proses pengerjaan.

Adapun pekerjaan bangunan tanggul sungai ini sepanjang 379 meter dengan tinggi bangunan 1,3 meter. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman