Selasa, 24 Mei 2022 15:15

Bupati Luwu Utara: Masih Banyak Pelaku Usaha Belum Paham Aturan Penanaman Modal

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indah Putri Indriani
Indah Putri Indriani

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan realisasi investasi di Kabupaten Luwu Utara yang dirilis setiap triwulan.

LUWU UTARA -- Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani meminta kepada pelaku usaha untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kepatuhan mengenai ketentuan pelaksanaan penanaman modal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hal ini sangat penting mengingat masih banyak pelaku usaha yang belum memahami kebijakan serta aturan penanaman modal, termasuk pelaku usaha kecil menengah terkait sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik," ucap Indah saat dalam acara Bimtek/Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di Aula Hotel Bukit Indah Masamba, pada Selasa 24 Mei 2022.

Dipaparkan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fasilitas penanaman modal pada tahun ini. Salah satu kegiatan yang diprogramkan melalui DAK adalah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis atau sosialisasi ini.

Baca Juga : Pupuk Subsidi Terbatas, Dinas Pertanian Luwu Utara Latih Petani Buat Pupuk Organik

"Ketaatan pelaku usaha dalam menaati aturan penanaman modal, selain karena merupakan kewajiban dari setiap pelaku usaha tetapi juga sangat mempengaruhi terhadap capaian dan peningkatan realisasi investasi di Kabupaten Luwu Utara yang dirilis secara nasional setiap triwulan," urai bupati dua periode ini.

Indah juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Utara tak cuma memberikan kemudahan kepada pelaku usaha penanaman modal yang akan berinvestasi. "Tetapi sekaligus sangat tegas dalam menegakkan aturan yang berlaku," tegasnya.

Sementara itu, Kabid Data dan Informasi Penanaman Modal Luwu Utara, Brasilius Kalobong mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini adalah angkatan I dan II dari 7 angkatan yang direncanakan pada tahun 2022 dengan menggunakan DAK) tahun anggaran 2022.

Baca Juga : Perpustakaan Daerah Luwu Utara Terbaik Nasional Program TPBIS 2022

"Dengan tujuan membantu para pelaku usaha penanaman modal dalam negeri dan pelaku usaha penanaman modal asing di Kabupaten Luwu Utara tentang tata cara pendaftaran perizinan berusaha berbasis resiko dan pengawasan perizinan berbasis resiko, termasuk tata cara penyampaian LKPM(Laporan Kegiatan Penanaman Modal) secara online," kata dia.

Sponsored by MGID

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan realisasi investasi di Kabupaten Luwu Utara yang dirilis setiap triwulan, juga untuk mengoptimalkan penyampaian LKPM secara daring setiap triwulan secara benar dan tepat waktu.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani