Sabtu, 21 Mei 2022 14:53

Festival Bumi Lamaranginang Dimulai, Bupati Luwu Utara: Momentum Kebangkitan Pariwisata

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indah Putri Indriani
Indah Putri Indriani

Event pariwisata ini digelar selama 3 hari dengan beberapa rangkaian kegiatan meliputi tari kreasi, senam kreasi, expo UMKM, festival kuliner gami-gami khas Tana Luwu serta fun bike Lamaranginang.

LUWU UTARA -- Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) membuka event Festival Bumi Lamaranginang yang berlangsung di Cagar Budaya Onderafdelling Masamba, pada Jumat (20/5/2022) malam.

Event pariwisata ini digelar selama 3 hari dengan beberapa rangkaian kegiatan meliputi tari kreasi, senam kreasi, expo UMKM, festival kuliner gami-gami khas Tana Luwu serta fun bike Lamaranginang.

"Alhamdulillah dengan dukungan semua pihak akhirnya pesona Luwu Utara bertajuk Festival Bumi Lamaranginang dapat kita laksanakan," ucap Indah.

Baca Juga : Indah Putri Indriani Tokoh Perempuan Golkar Terpopuler di Indonesia

Event yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ini, kata Indah, diharap menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata, khususnya di Kabupaten Luwu Utara.

"Pariwisata kini sudah mulai berjalan bahkan berlari akan mengalahkan sektor-sektor yang lain atau sumber pendapatan negara yang unggulan selama ini," papar Indah.

Bagi bupati perempuan pertama di Sulsel ini, pariwisata harus dikemas dengan hati agar bisa sampai ke hati.

Baca Juga : BPDPKS Latih 210 Petani Sawit dari Luwu Utara

"Bukan pariwisata saja tetapi semua yang kita lakukan harus dari hati karena dengan bekerja dengan hati selain kita menjadi berhati-hati juga akan sampai ke hati," ujar Indah.

Sponsored by MGID

Pembukaan event ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antar Pemkab Luwu Utara bersama Politeknik Pariwisata Makassar.

"Kerjasama ini bukan hanya untuk memeriahkan event Pesona Luwu Utara, tetapi yang paling penting adalah kita akan menindaklanjuti dalam bentuk yang lebih nyata. Mari jalan beriringan karena ini era berkolaborasi, maju bersama dan kita berkembang bersama," urai bupati dua periode ini.

Baca Juga : Pemkab Luwu Utara Target 11 Ribu Hektare Lahan Pertanian Diasuransikan

Ia pun berharap setelah penyelenggaran event ini banyak manfaat yang bisa didapatkan. "Jadi mohon dukungan kita semua. Intinya adalah event ini momentum untuk pariwisata bangkit ekonomi maju, kita pulihkan ekonomi melalui pariwisata khususnya melalui event Pesona Luwu Utara Festival Bumi Lamaranginang," pungkas Indah.

Sementara itu, Kadisporapar Luwu Utara Jumail Mappile memaparkan, pariwisata sebagai salah satu sumber bagi penerimaan devisa serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Untuk itu pariwisata harus bangkit, melalui berbagai kegiatan kepariwisataan salah satunya event Pesona Luwu Utara yang telah dilaksanakan sejak 2021," paparnya

Baca Juga : Jalan Kaluku-Subur di Luwu Utara Diperbaiki Tahun Ini

Ia berharap, event ini dapat menggairahkan pariwisata, menghidupkan perputaran ekonomi dan membangkitkan nilai-nilai seni dan budaya daerah serta dapat membuka peluang bisnis baru berkelanjutan bagi sektor industri pariwisata.

Hadir dalam pembukaan event ini antara lain Forkopimda Kabupaten Luwu Utara, Sekretaris Daerah Luwu Utara, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Muhammad Arifin serta para perangkat daerah Kabupaten Luwu Utara.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani