Sabtu, 21 Mei 2022 09:41

Bantaeng Kini Miliki Sentra Kuliner Ikan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantaeng Kini Miliki Sentra Kuliner Ikan

Senkul adalah wujud konsultasi Pemkab Bantaeng bersama dengan KKP.

BANTAENG -- Kabupaten Bantaeng kini memiliki Sentra Kuliner Ikan (Senkul) yang berada di Pusat Kuliner Pantai Seruni. Senkul diresmikan oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Artati Widiarti, pada Jum'at (20/5).

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin merasa terhormat dengan adanya kunjungan tersebut. Dia mengatakan hal tersebut juga bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional 2022.

"Saya beserta dengan masyarakat Bantaeng sangat terhormat dengan kunjungan ini. Apalagi saat ini bertepatan momentum Hari Kebangkitan Nasional. Kita berharap ekonomi masyarakat dapat bangkit setelah dua tahun dilanda pandemi," kata dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

Ilham Azikin juga melaporkan kepada Dirjen dan Anggota DPR RI, tahun 2021 menurut BPS merilis data pertumbuhan ekonomi Bantaeng mencapai angka 8,86 persen dan menempatkan Kabupaten Bantaeng dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Sulsel.

Demikian pula PDRB kabupaten Bantaeng 2021 tertinggi di Sulawesi Selatan sebesar Rp 50 juta. "Alhamdulillah kami dapat bertahan dan bangkit dari pandemi," kata dia.

Dia menjelaskan capaian itu tidak terlepas dari kontribusi besar masyarakat yang bekerja di sektor perikanan dan kelautan.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

"Kurang lebih Bantaeng memiliki 21 kilometer garis pantai yang saat ini menjadi salah satu penopang pertumbuhan dan mata pencaharian masyarakat," katanya.

Bupati peraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2022 dari Bappenas RI itu menjelaskan, Senkul adalah wujud konsultasi Pemkab Bantaeng bersama dengan KKP.

"Saya berharap ibu Dirjen meresmikan Senkul hari ini. Tadi juga saya memantau ibu Dirjen memantau titik-titik potensial di kabupaten Bantaeng semoga itu bisa menjadi catatan kedepannya memberikan kontribusi lagi kepada nelayan dan pelaku usaha kami di kabupaten Bantaeng," kata dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

Dia juga menyampaikan sebuah catatan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan agar untuk kontribusi kedepannya dapat berupa pabrik es yang tentunya akan sangat berguna untuk menjaga kualitas hasil tangkap nelayan.

"Saya punya catatan yang sudah tiga tahun lamanya. Kami ada kebutuhan yang mendasar yang jika nanti disupport kembali agar dibantu dengan pabrik es. Saya sendiri pernah melihat nelayan membagikan hasil tangkapannya ke warga sekitar karena dikhawatirkan membusuk," kata dia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Artati Widiarti dalam sambutannya mengapresiasi Senkul Bantaeng.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

"Dari beberapa senkul yang pernah saya kunjungi inilah yang terbaik," kata dia.

Sedikit bercerita, Artati Widiarti untuk pertama kalinya datang ke Bantaeng. Dia sebelum datang ke Kabupaten berjuluk Butta Toa itu mencari informasi tentang Bantaeng.

"Ternyata Bantaeng ini meraih berbagai macam penghargaan sampai nasional. Saya ucapkan selamat. Penghargaannya mulai dari Ketahanan Pangan tingkat nasional, Kabupaten inovasi terbanyak di Sulsel sampai penghargaan dari Bappenas RI," ungkapnya.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi 15,45 Persen, Pj Gubernur Sulsel Ingin Lihat Inovasi Bupati Bantaeng

"Dari prestasi yang banyak itu kami yakin bahwa Senkul ini dapat dikelola dengan baik dan dapat menjadi percontohan daerah lain. Kami juga yakin konsumsi ikan di Bantaeng dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi," tambahnya.

Dia menjelaskan, dirinya juga telah mengunjungi bioflok dan hasilnya sangat bagus. Diharapkan dapat direplikasi oleh pemkab dan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Bantaeng.

"Saya juga senang melihat usaha kelautan dan perikanan Bantaeng yang dikelola oleh generasi muda. Sektor kelautan dan perikanan ini harus dikelola dan dimajukan oleh generasi muda. Saya lihat Bupatinya juga masih muda, biasanya yang berjiwa muda dapat melihat berbagai potensi - potensi yang tak dilihat oleh kami yang sudah tua. Semoga Bantaeng di tangan pak Bupati yang muda ini dapat lebih inovatif, progresif dan maju," harap dia.

Baca Juga : Pertumbuhan Ekonomi 15,45 Persen, Pj Gubernur Sulsel Ingin Lihat Inovasi Bupati Bantaeng

 

#pemkab bantaeng #ilham azikin