Jumat, 20 Mei 2022 18:35

Tanah dari Bulan Bisa Dipakai untuk Tumbuhkan Tanaman, Hasilnya di Luar Dugaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: UF/IFAS)
(Foto: UF/IFAS)

Pada tanah ini para ilmuwan menanam biji cress dan ternyata, di luar dugaan, biji ini tumbuh setelah dua hari.

RAKYATKU.COM - Para saintis sangat gembira bisa menumbuhkan tanaman dari tanah bulan, meski pertumbuhannya tak sebagus dengan menggunakan tanah bumi.

Para saintis untuk pertama kalinya berhasil menumbuhkan tanaman dengan menggunakan tanah dari bulan, perkembangan yang dinilai sangat penting dalam upaya membangun koloni di sana.

Tanah ini merupakan bagian dari sampel yang diambil oleh misi Apollo pada 1969-1972.

Pada tanah ini para ilmuwan menanam biji cress dan ternyata, di luar dugaan, biji ini tumbuh setelah dua hari.

"Saya tak bisa mengatakan bagaimana kagetnya kami," ujar Anna-Lisa Paul, guru besar di Universitas Florida, yang ikut menulis laporan ilmiah penelitian ini.

Ia menjelaskan setiap tanaman, apakah itu ditumbuhkan dari tanah bulan atau tanah biasa, terlihat sama sampai hari keenam.

Setelah itu, muncul perbedaan. Tanaman-tanaman yang tumbuh dari tanah bulan mulai menunjukkan stres, tumbuh lebih lamban, dan kemudian mengerdil.

Meski demikian, fakta bahwa tanah di Bulan bisa dipakai untuk menumbuhkan tanaman adalah terobosan dan punya implikasi besar.

"Riset ini sangat penting bagi NASA yang punya visi eksplorasi jangka panjang. Kita perlu menggunakan sumber daya yang ditemukan di bulan dan di Mars untuk mengembangkan makanan bagi astronaut-astronaut yang hidup dan bertugas di tempat-tempat yang jauh di ruang angkasa," kata pemimpin badan ruang angkasa Amerika Serikat, NASA, Bill Nelson.

Setelah hari keenam, pertumbuhan cress tak sebagus cress yang ditanam dengan tanah Bumi. Meski demikian para saintis tetap menggambarkannya sebagai terobosan penting.

#Tanah dari Bulan