Rabu, 18 Mei 2022 13:35

Wabup Gowa: Ulama-Umara Harus Terus Bersinergi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wabup Gowa: Ulama-Umara Harus Terus Bersinergi

Kemaslahatan umat yang merupakan kepentingan masyarakat dan menjadi basis tujuan kebijakan pemerintahan.

GOWA -- Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni berharap pemerintah dan Majelis Ulama Indinesia (MUI) Kabupaten Gowa terus bersinergi dan berkolaborasi khususnya terkait kemaslahatan umat.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Daerah V Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Rabu (18/5).

Ia mengatakan, MUI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi para ulama dan para cendekiawan Islam untuk membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

Baca Juga : Produk UMKM Hasil Olahan Ikan Sasar Kantor Bupati Gowa

"Sesuai dengan tugasnya, MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam seperti mengeluarkan fatwa dalam kehalalan makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya," ucapnya.

Abd Rauf menjelaskan, sesuai dengan tema yang diangkat yakni 'Dengan Musda V kita tingkatkan sinergitas ulama dan umara demi terpeliharanya keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara' jika dianalisa sesuai dengan perkembangan zaman yang dihadapi.

 

Menurutnya, sinergitas dan kolaborasi antara ulama dan umara atau pemimpin pemerintahan sangat dibutuhkan khususnya dalam mewujudkan kemaslahatan umat yang merupakan kepentingan masyarakat dan menjadi basis tujuan kebijakan pemerintahan.

Baca Juga : Yayasan Cheng Ho Bangun Sekolah Islam Terpadu di Gowa

"Ulama dan umara memang harus bersinergi dalam memastikan kemaslahatan umat itu bisa terwujud. Semoga kerjasama antara MUI dan pemerintah yang telah terjalin dengan harmonis di Kabupaten Gowa dapat terus ditingkatkan agar keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara dapat terus kita pertahankan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Gowa yang damai, sejahtera, adil, dan makmur," harapnya.

Sponsored by MGID

Sementara Ketua MUI Gowa, Abu Bakar Paka mengatakan Musda ini merupakan agenda lima tahunan yang dilaksanakan untuk menyusun maupun pemilihan kepengurusan baru.

"Dalam Musda ini ada tiga agenda utama yang akan terselenggara yaitu Penyampaian LPJ pimpinan MUI Gowa Periode 2016-2021, penyusunan program lima tahun kedepan, pemilihan pengurus baru yang akan melaksankan tugas dan amanah 2022-2027," katanya.

Baca Juga : Bupati Gowa Minta Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Warga Soal Kewenangan Perbaikan Jalan

Pada pembukaan Musda V ini turut dihadiri Ketua DPRD Gowa, Kapolres Gowa, Kasdim 1409 Gowa, Sekretaris Umum MUI Sulsel dan106 peserta yang tersebar di Kabupaten Gowa.

#Pemkab Gowa #Abd Rauf Malaganni