Rabu, 18 Mei 2022 10:47
Sponsored Content

Tips agar Tidak Cepat Bosan Saat Berada di Bus Jarak Jauh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Supaya tidak bosan, berikut ini adalah beberapa tips kegiatan yang dapat Anda lakukan selama perjalanan menggunakan bus berjarak.

RAKYATKU.COM - Memilih perjalanan jauh dengan menggunakan bus adalah salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Apalagi bus jadi salah satu transportasi umum favorit banyak orang karena mampu menjangkau berbagai rute. Apalagi di tengah kemajuan teknologi saat ini, Anda sudah bisa pesan tiket bus online di Traveloka, sama seperti saat memesan tiket kereta atau pesawat.

Namun, perjalanan dengan bus akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda naik bus dengan rute antar provinsi atau antar pulau. Mau tidak mau, ini membuat Anda harus duduk diam dalam jangka waktu yang lama. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa kebosanan walau selama di perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan yang indah.

Nah, supaya tidak bosan, berikut ini adalah beberapa tips kegiatan yang dapat Anda lakukan selama perjalanan menggunakan bus berjarak.

1. Tidur
Seperti jadi rahasia umum kalau jalan-jalan atau traveling adalah sebuah kegiatan yang melelahkan. Untungnya, perjalanan panjang yang ditempuh menggunakan bus bisa dimanfaatkan dengan tidur sejenak. Apalagi saat ini sudah banyak bus yang memiliki fasilitas bantal dan selimut, maka Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk beristirahat dengan nyaman.

Anda bisa merebahkan posisi sandaran kursi agar posisinya jadi lebih nyaman. Jika memungkinkan, sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa mempersiapkan penutup mata agar bisa nyaman tidur saat perjalanan.

2. Mendengarkan Musik atau Podcast
Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa bosan saat di perjalanan adalah dengan mendengarkan playlist musik kesukaan Anda. Tentunya Anda harus mempersiapkan headset untuk menikmati musik tersebut agar tidak terlalu mengganggu penumpang lainnya.

Selain bisa mendengarkan musik, Anda juga bisa mendengarkan podcast dengan tema-tema menarik sebagai teman perjalanan Anda. Selain dapat menghilangkan rasa bosan karena perjalanan yang jauh, Anda juga bisa merasa terhibur dengan topik-topik yang dibawakan dalam podcast tersebut.

3. Menonton Film
Saat ini, umumnya, semua bus sudah menyediakan fasilitas hiburan dengan televisi dan DVD Player. Supaya rasa bosan Anda hilang, maka Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk menonton sebuah film. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan film yang diputar agar bisa dinikmati oleh semua penumpang.

Namun, jika Anda tidak ingin mengganggu penumpang lain, maka Anda bisa mendownload film di gadget sehari sebelum keberangkatan agar bisa dinikmati selama perjalanan.

Film biasanya memiliki durasi waktu yang panjang sehingga dengan menikmati tontonan tersebut, Anda tidak akan sadar bahwa Anda sudah melalui perjalanan yang panjang.

4. Bermain Game
Ini jadi salah satu solusi bagi Anda yang tidak mudah mual ketika di perjalanan jauh. Bermain game di ponsel pintar bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan. Apalagi saat ini sudah banyak bus yang memiliki fasilitas wi-fi dan port charger di dalam bus. Maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memainkan game online bersama teman dari ponsel Anda. Namun, sebagai antisipasi, Anda bisa membawa power bank sendiri dari rumah.

5. Berkenalan dengan Teman Baru
Perjalanan bus jarak jauh memang membutuhkan waktu yang panjang dan tidak sebentar. Kegiatan yang bisa Anda lakukan selama perjalanan adalah berkenalan dengan orang baru yang duduk di sebelah Anda. Jangan sungkan untuk mengajak berkenalan dan bersikap ramah terhadap kenalan Anda tersebut. Anda juga bisa mengobrol tentang banyak hal dengan orang baru tersebut tentang traveling atau pekerjaan. Jangan lupa untuk menawarkan camilan atau minuman sebagai tempat mengobrol. Dengan mengajak berkenalan seseorang, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kota tujuan Anda.

6. Membawa Bahan Bacaan
Mungkin membaca bukanlah hobi Anda, namun membawa bahan bacaan seperti buku bisa jadi pilihan saat Anda melakukan perjalanan. Kuncinya adalah dengan memilih bacaan yang sesuai dengan minat. Maka, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya Anda membeli sebuah buku dengan topik yang menarik minat Anda. Contohnya, jika Anda menyukai hobi memasak, Anda bisa membawa bacaan seputar kuliner. Selain menghilangkan rasa bosan, maka Anda juga bisa mendapatkan berbagai info dan ilmu baru seputar hal yang Anda sukai.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat melakukan perjalanan dengan bus berjarak. Selain tips di atas, Anda masih bisa melakukan banyak hal lain seperti berbelanja online, mengobrol dengan teman melalui chat, atau membuka sosial media. Namun, Anda juga bisa menghilangkan rasa bosan hanya dengan menikmati pemandangan selama perjalanan.

Selain itu, agar perjalanan dengan bus Anda lebih menyenangkan, Anda bisa memesan tiket bus online melalui aplikasi dan Website Traveloka semudah berbelanja online! (*)

#Tips Perjalanan Jauh