Selasa, 17 Mei 2022 08:35

Sapi Kurban Iduladha Jokowi Sakit: Kaki Luka, Mulut Berbuih

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dititipkan di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: Istimewa)
Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dititipkan di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). (Foto: Istimewa)

Ditanya kepada peternak, sapi itu disebut kelebihan makan kecap. Namun, ada ciri-ciri mengalami penyakit mulut dan kuku (PMK).

RAKYATKU.COM, SANGGAU - Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Lebaran Iduladha 1443 Hijriah nanti yang dititipkan kepada seorang peternak di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), sakit. Sapi itu diduga terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau, Dadan Sumarna, mengatakan sapi tersebut mengalami gejala mulut berbusa dan kaki luka.

"Ada laporan, sapi bantuan Presiden Joko Widodo untuk Iduladha mulutnya berbuih dan kaki ada luka," kata Dadan, Senin (16/5/2022).

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Setelah ditanya kepada peternak, jelas Dadan, sapi itu kelebihan makan kecap. "Tapi, dari ciri-cirinya, yakni mulut berbusa dan kaki ada luka. Itu salah satu ciri penyakit mulut dan kuku," beber Dadan.

Pihaknya telah mengamil sampel terhadap sapi tersebut untuk dites di laboratorium. "Positif atau negatif penyakit mulut dan kuku, hasilnya baru diketahui pekan depan," ujar Dadan. 

PMK dapat menyerang hewan yang berkuku ganda, seperti sapi, kerbau, kambing, dan babi. Dengan tanda-tanda penyakit terdapat luka-luka di bagian mulut dan di bagian kuku. Luka-luka yang dimaksudkan adalah luka melepuh pada kulit hewan tersebut yang menggelembung berisi cairan dan kulit bagian kuku, mulut, gusi mengelupas, sedangkan di kaki adalah di sela-sela kuku. (*)

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Sumber: Kompas

#Joko Widodo #Penyakit Mulut dan Kuku #Lebaran Iduladha 2022