Sabtu, 14 Mei 2022 20:51

Beri Kuliah Umum di UNM, Dr. Abdul Kahar Motivasi Mahasiswa Penerima Beasiswa

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Abdul Kahar.
Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Abdul Kahar.

"Saya tidak pernah bayangkan akan bekerja di kementerian, jadi Direktur Keuangan LPDP, hingga seperti saat ini. Kita ini sama-sama pernah memakai almamater oranye itu," kata Dr. Abdul Kahar yang juga menyelesaikan gelar sarjana di UNM.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dr. Abdul Kahar, hadir memberi kuliah umum kepada seluruh penerima beasiswa Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (14/5/2022).

Kehadiran Dr. Abdul Kahar didampingi Subkoordinator KIP Kuliah, Dr. Muni Ika, dalam rangka pelaksanaan supervisi dan monitoring KIP Kuliah di UNM.

"Dalam 10 tahun terakhir, jumlah mahasiswa tidak mampu yang menerima beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah sudah meningkat 10 kali lipat," ucap mantan Direktur Keuangan Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini.

Baca Juga : Kemendikbudristek dan Rumata Artspace Gelar Lokakarya Tahap 3 Bacarita Digital Volume 2 "Kekayaan Pangan Nusantara"

Dalam sambutannya, Dr. Abdul Kahar bercerita dalam perjalanan hidupnya tidak pernah bermimpi akan menjadi seperti saat ini. Namun, berkat kegigihan dirinya selama ini, akhirnya bisa menikmati apa yang tidak pernah dibayangkan.

"Saya tidak pernah bayangkan akan bekerja di kementerian, jadi Direktur Keuangan LPDP, hingga seperti saat ini. Kita ini sama-sama pernah memakai almamater oranye itu," terang pria yang menyelesaikan gelar sarjana di UNM itu.

Direktur Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) ini meminta kepada seluruh seluruh penerima KIP Kuliah untuk bersungguh-sungguh dalam belajar untuk mencapai prestasi.

Baca Juga : Hasnawi Haris Daftar Jadi Calon Rektor UNM 2024--2028, Ini Sosoknya

"Lima jutaan pertahuan dari SMA/SMK bertarung 200 ribu kursi per tahun. Ada 1.400 untuk UNM tahun 2022. Kalian ini adalah mahasiswa-mahasiswa terpilih. Kalian ini mendapat karpet merah dari pemerintah, jadi gunakan itu untuk mendulang prestasi, jangan malah minder," pesannya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni (WR 3), Prof. Sukardi Weda, memberi apresiasi kepada Kepala Pusat Layanan Pendidikan itu atas kesediaannya meluangkan waktu bersama dengan para penerima beasiswa KIP kuliah yang diselenggarakan secara hibrida (gabungan luring dan daring) di Gedung Teater Pinisi UNM.

"Ini suatu kebanggaan Bapak Kepala Pusat hadir bersama kita, ini kesempatan langka. Semoga apa yang disampaikan beliau menjadi motivasi buat anak-anak kita untuk terus berprestasi," ucapnya. (*)

#Kemendikbudristek #Universitas Negeri Makassar