Jumat, 13 Mei 2022 10:40

Forum Perempuan Kawal Desa Bantaeng Jadi Percontohan di KTI

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilham Azikin
Ilham Azikin

Pengurus FKBPD Bantaeng berjumlah 365 orang yang terdiri dari 242 orang laki-laki dan 114 orang perempuan.

BANTAENG -- Bupati Bantaeng, Ilham Azikin melantik pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD) dan Perempuan Kawal Desa (Perkasa) di Balai Kartini, Kamis, 12 Mei 2022. Kedua lembaga ini adalah forum komunikasi untuk mengawal program-program pemerintah di tingkat desa.

Ketua FKBPD, Arifuddin mengatakan, FKBPD ini berjumlah 365 orang yang terdiri dari 242 orang laki-laki dan 114 orang perempuan. Organisasi ini dibentuk untuk membangun persepsi demi menjaga marwah pemerintahan di tingkat desa.

"Kami lahir bukan karena ingin bersaing dengan organisasi lainnya. Kami ingin menjaga marwah pemerintah desa dan menjadi bagian dari pembangunan di Bantaeng. Pada prinsipnya, kami hadir untuk menjadikan Bantaeng lebih baik," jelas dia.

Baca Juga : Bupati Bantaeng ke Para Orangtua: Jangan Biarkan Anak-anak Kita Terjerumus dalam Dunia Kriminal

Ketua Perkasa Bantaeng, Hartuti mengatakan, Perempuan Kawal Desa (Perkasa) sendiri hadir untuk meneruskan dan menjaga kebaikan-kebaikan yang ada di desa. Program-program pemerintah akan terus dijaga untuk keberlangsungannya.

"Kami hadir untuk ikut menebarkan kebaikan-kebaikan yang telah kita lakukan bersama. Kita ketahui bersama, ada banyak kebaikan yang telah menasional hingga saat ini," jelas dia.

Dia menambahkan, Perkasa Bantaeng adalah yang pertama di Kawasan Indonesia Timur (KTI). Bahkan, ada dua daerah di Jawa yang menjadikan Perkasa Bantaeng sebagai percontohan.

Baca Juga : Dinkes Bantaeng Minta Apotek Perketat Penjualan Kateter Tanpa Resep Dokter

"Kita patut berbangga, karena Perkasa di KTI ini dimulai dari Bantaeng. Kami sudah bertemu dengan pemerintah pusat. Izin pak Bupati, pak Dirjen titip salam untuk kita," kata dia.

Sponsored by MGID

Dia mengatakan, Perkasa Bantaeng ini lahir atas inisiasi sendiri. Hal inilah yang membuat Perkasa Bantaeng berbeda dengan daerah lainnya.

Dia menambahkan, program-program Perkasa Bantaeng akan banyak fokus pada gerakan membawa isu perempuan dan anak di tingkat desa. Pemberdayaan perempuan dengan melibatkan pemerintah desa sebagai mitra strategis.

Baca Juga : JICA Rancang Penguatan Kapasitas Wirausaha di Bantaeng

"Kami akan senantiasa menjaga kebersamaan ini dan membangin sinergitas yang baik dengan pemerintah," jelas dia.

"Kami tidak ingin sekadar menjadi pelengkap. Kami akan mencoba bekerja untuk kebaikan-kebaikan di Bantaeng saat ini dan kebaikan untuk masa mendatang," jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memberikan apresiasi terhadap kehadiran kedua lembaga ini. Dia menyebut, lembaga ini akan menjadi sebuah lembaga yang memiliki integritas demi menjaga marwah pemerintah desa.

Baca Juga : Alumni Terbaik Program "Satu Desa Satu Hafidz" Pemkab Bantaeng Bakal Dapat Beasiswa ke LIPIA

"Jangan pikirkan kalian ini saingan atau bukan. Tetap saja bekerja, berbuat hal yang baik. Insyaallah kita akan berada di titik yang sama," jelas dia.

Dia juga mengajak kepada semua pengurus untuk senantiasa forum ini bisa menjadi sebuah penguatan kelembagaan. "Saya sangat yakin, potensi yang ada ini dapat menghadirkan penguatan terhadap kelembagaan di desa," jelas dia.

#pemkab bantaeng #ilham azikin