Kamis, 12 Mei 2022 16:13

Gubernur Sulsel: Luwu Raya Kontributor Terbesar Ekspor

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Kalau dulu, kita dijajah karena rempah-rempah. Sekarang kita menjajah mereka dengan memasukkan ekspor rempah-rempah," kata Sudirman.

RAKYATKU.COM, LUTRA - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendorong Kabupaten Luwu Utara menjadi poros ekonomi baru di Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulsel pada acara Rapat Paripurna dalam rangka 23 Tahun Kabupaten Luwu Utara di Kantor DPRD Lutra, Kamis (12/5/2022) dengan tema “Luwu Utara Sikarai Siporai”.

Andi Sudirman mengaku, bahwa Luwu Utara merupakan daerah yang luar biasa. Memiliki karunia tanah yang subur, dengan sumber air yang melimpah dan hasil pertanian yang melimpah.

Baca Juga : Sekprov Abdul Hayat Pimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha

Luwu Raya menjadi kontributor terbesar ekspor di Sulsel. Hampir 80 persen ekspor Sulawesi Selatan dari Luwu Raya. Sebagian besar dari Luwu Utara,” ujarnya.

Adapun beberapa komoditas yang diekspor dari Luwu Utara, seperti hasil hutan seperti kayu; coklat; kopi; dan rempah-rempah.

 

Gubernur termuda di Indonesia ini pun terus mendorong peningkatan ekspor, khususnya rempah-rempah. “Kami mendorong masyarakat mengekspor, bukan hanya pertambangan saja. Bahkan hasil rempah-rempah kita sudah ekspor,” pungkasnya.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Tengah Berhaji, Sekda Evaluasi Serapan Anggaran Perangkat Daerah

“Kalau dulu, kita dijajah karena rempah-rempah. Sekarang kita menjajah mereka dengan memasukkan ekspor rempah-rempah,” tegasnya.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Luwu Raya